Berita Palembang

Sampah Berserakan, PT Pegadaian Palembang Dirikan Rumah Pengelolaan sampah

Melalui pogram The Gade Clean & Gold, PT Pegadaian Palembang membentuk rumah pengelolaan sampah di pool khusus untuk warga

Sampah Berserakan, PT Pegadaian Palembang Dirikan Rumah Pengelolaan sampah
SRIPOKU.COM/REIGAN RIANGGA
Pemimpin Wilayah PT. Pegadaian Palembang, Mufri Yandi saat menerima sampah yang diberikan masyarakat, Selasa (4/12/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Reigan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Menyoroti banyaknya sampah berserakan di tengah masyarakat, membuat pihak PT Pegadaian Palembang mencoba memberikan solusi dengan memanfaatkan barang bekas tersebut, sehingga menjadi bermanfaat.

Melalui pogram The Gade Clean & Gold, PT Pegadaian Palembang membentuk rumah pengelolaan sampah di pool khusus untuk warga Kelurahan Talang Kelapa Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang.

Sehingga, melalui program PT Pegadaian Palembang tersebut masyarakat sekitar bisa berlomba membersihkan serta memungut sampah lantaran hasilnya bisa dijual.

"Melalui program Bank Sampah Sakura ini masyarakat kita diajarkan untuk mengolah sampah untuk dipilah menjadi sampah Organik dan Non-Organik, kemudian disetor, senjutnya ditimbang, diproses, dan diolah. Kemudian tahap terakhir dari proses ini, yaitu hasil pengolahan dapat ditukar dengan tabungan emas," ungkap Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Palembang, Mufri Yandi, Selasa (4/12/2018).

Selain itu, kata dia, pihaknya memberikan bantuan operasional untuk membangun Bank Sampah tersebut, yaitu 1 unit mesin ayakan, 1 unit mesin press serta 1 unit motor bak sampah.

Mufri mengatakan, disekitar wilayah Bank Sampah Sakura juga akan dibuat sebuah taman The Gade Clean & Gold serta pengecoran jalan dan akan dibuatkan gardu serta hangar.

"Program sosial ini Pegadaian juga memberikan bantuan lain secara simbolis, seperti membangun Mushola serta Masjid dengan perlengkapan sarana ibadah lainnya di beberapa tempat di kota Palembang, misalnya, Talang Kelapa, Pusri, Sukabangun dan perlengkapan Ibadah umat Kristiani Gereja HKBP Sukamaju Keten Resort Anugrah," jelasnya.

Asisten lll Setda Kota Palembang Bidang Administrasi Umum, Agus Kelana mengungkapan apresiasinya terhadap program The Gade Clean & Gold yang di canangkan oleh Pegadaian.

Menurutnya, program ini tidak hanya dapat membantu meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar Kelurahan Talang Kelapa, melainkan wilayah Palembang.

"Dengan bantuan ini, semoga sampah susah ditemui. Sampah bisa jadi duit. Selama ini, sampah dianggap tidak berarti. Mudah-mudahan masyarakat kita mengikuti program Pegadaian ini agar warga Palembang khusunya bisa sejahtera," jelasnya.

====

Penulis: Reigan Riangga
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved