Berita OKU Timur

Musim Hujan Petani Karet Keluhkan Harga Jual

Petani karet di Kabupaten OKU Timur sejak musim hujan turun beberapa bulan terakhir mengeluhkan penurunan hasil getah karet.

Musim Hujan Petani Karet Keluhkan Harga Jual
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Petani karet di Kabupaten OKU Timur musim hujan ngeluh produksi getah menurun dan harga jual yang murah.

Laporan wartawan Sripoku.com, Evan Hendra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Petani karet di Kabupaten OKU Timur sejak musim hujan turun beberapa bulan terakhir mengeluhkan penurunan hasil getah karet.

Selain getah yang mengalami penurunan, harga getah juga mengalami penurunan dalam kisaran Rp 6.500 hingga Rp 7.500 per kilogram.

"Selain penurunan hasil getah, aktifitas penyadapan karet juga tergantung dengan cuaca yang saat ini kerap hujan sehingga petani tidak bisa menyadap karet," ungkap Anwar warga Desa Kota Tanah Kecamatan Semendawai Timur Senin (3/12/2018).

Menurut Anwar, pengaruh cuaca ekstrem sangat besar terhadap hasil getah karet karena selain getahnya mengalami penurunan, penyadapan juga tidak bisa dilakukan dengan terus menerus karena bergantung dengan cuaca.

"Aktivitas penyadapan karet yang saat ini sangat bergantung dengan cuaca. Jika cuaca hujan, getah karet tidak dapat diambil dan berkualitas buruk lantaran bercampur dengan air. Jadi harus menunggu dulu hingga kering," katanya.

===

Penulis: Evan Hendra
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved