Berita Palembang

Berita Palembang : Pelajar dan Mahasiswa Adu Robotic Kompetisi GES

Rangkaian bermacam-macam jenis robot dan line follower terbentang di atas media putih meramaikan Palembang Indah Mall (PIM)

Berita Palembang :  Pelajar dan Mahasiswa Adu Robotic Kompetisi GES - kontes-robot-gebyar-elektro-sriwijaya-ges-2.jpg
SRIPOKU.COM/YULIANI
Para peserta kontes robot Gebyar Elektro Sriwijaya (GES) saat adu skill di Palembang Indah Mall (PIM), Sabtu (1/12/2018).
Berita Palembang :  Pelajar dan Mahasiswa Adu Robotic Kompetisi GES - kontes-robot-gebyar-elektro-sriwijaya-ges.jpg
SRIPOKU.COM/YULIANI
Para peserta kontes robot Gebyar Elektro Sriwijaya (GES) saat adu skill di Palembang Indah Mall (PIM), Sabtu (1/12/2018).

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Rangkaian bermacam-macam jenis robot dan line follower terbentang diatas media putih meramaikan Palembang Indah Mall (PIM), Jumat (1/12/2018).

Puluhan pelajar dan mahasiswa pun tampak antusias mengikuti kontes robot yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HME) yang bekerja sama dengan klub Robot Universitas Sriwijaya dan Cometronica ini.

Setelah sukses mengukir prestasi di bidang robotic, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Unsri kali ini menggelar kegiatan Gebyar Elektro Sriwijaya (GES) yang telah diselenggarakan oleh HME. Adapun kegiatan ini selain kontes robot juga diisi dengan Seminar Nasional, IT Competition, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Kontes Islami dan lain sebagainya.

Ketua Panitia Oriza Syahputra mengatakan, kontes Robot ini terdiri dari dua jenis lomba yakni Line Follower Digital untuk tingkat pelajar dan Kompetisi Arm Line Follower Transporter Robot untuk tingkat mahasiswa dan umum.

"Kontes ini diikuti oleh 14 tim kategori mahasiswa atau umum dan 21 tim dari Pelajar SMA/SMK di sekitar Sumsel. Bahkan ada jug pelajar asal Lampung yakni SMK Gajah Mada Bandar Lampung dan MAN 1 Pringsewu Lampung," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini diawali dengan sosialisasi dan menyampaikan undangan ke sekolah-sekolah. Meskipun waktunya mepet namun animo peserta cukup tinggi. "Kita ingin memasyarakatkan robot di kalangan pelajar serta mencari bibit regenerasi untuk tim robot dari kalangan mahasiswa dengan talenta mereka," jelasnya.

Ia menambahkan, selama ini memang mahasiswa Jurusan Teknik Elektro telah berhasil menyabet Juara baik di wilayah regional maupun nasional. Bahkan pada tahun 2016 tim robot Unsri telah mewakili Indonesia pada ajang Kontes Robot Internasional.

"Pemenang kontes ini mendapat piala, sertifikat dan uang pembinaan. Diharapkan tahun depan kontes ini akan lebih ditingkatkan pesertanya dengan mengundang peserta dari regional Sumatera," ujarnya.

===

Penulis: Yuliani
Editor: Welly Hadinata
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved