LRT Melayani Sampai Malam, Mulai Pukul 05.00-22.00

Guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Palembang, PT KAI Divisi Regional (Divre) III, menambah jam operasional kereta api ringan alias Light Rail

LRT Melayani Sampai Malam, Mulai Pukul 05.00-22.00
SRIPOKU.COM/Rangga
Penggunaan moda transportasi LRT saat ini sudah menjangkau jam operasi malam. Salah satu penumpang menunggu jam keberangkatan di stasiun Punti Kayu, Kamis (29/11). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakat Palembang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) III, menambah jam operasional kereta api ringan alias Light Rail Transit (LRT).

Bila sebelumnya jam operasional mulai jam 06.00 pagi hingga 18.00 (sore), mulai kemarin diperpanjang dari pukul 05.00 pagi hingga pukul 22.00.

Dengan aturan itu, jika sebelumnya satu hari terdapat 44 kali perjalanan dari stasiun DJKA menuju Bandara, kini menjadi 58 kali dalam sehari.

Manager Humas PTKAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan dengan bertambahnya jam operasional LRT hingga pukul 22.00, akan memberikan kesempatan waktu yang lebih lama bagi masyarakat untuk menggunakan LRT.

"Dari 44 perjalanan sehari menjadi 58 perjalanan per harinya, tentunya akan lebih memudahkan penumpang," jelas Aida. Pihaknya berharap dengan penambahan jam operasional ini akan lebih meningkatkan minat masyarakat menggunakan LRT. Hal ini sebagai komitmen KAI dalam mengajak masyarakat bertanfortasi menggunakan moda transportasi massal, serta merubah paradigma masyarakat mengenai LRT Yang selama ini dianggap sebagai kereta wisata.

Kebijakan itu pun mendapat berbagai respon baik dari sejumlah masyarakat Kota Palembang. Samuel (27) misalnya, dengan makin lama LRT beroperasi dapat menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam memilih transportasi.

"Saya sehari-hari berpergian untuk buka kios di Sudirman naik LRT, stop di stasiun Cinde. LRT jadi pilihan kalau jalanan macet, karena memang lebih praktis. Hanya saja jika sebelumnya, hanya buka sampai jam 6 sore tidak mengakomodir jika pulang malam. Dengan mulai berlakunya jam operasional hingga pukul 10 malam, akan sangat memungkinkan yang pulang kerja hingga malam dapat menggunakan LRT," ujarnya, Kamis (29/11).

Selain itu, kata Samuel, kalau bisa jarak menunggu kereta tidak terlalu lama. Walaupun jam operasional sudah bertambah, tapi jarak kereta datang masih cukup lama sekitar 30 menit. "Kita maunya jarak kedatangan cuma 5 menit atau 10 menit," ujarnya serius.

Hal senada dikemukakan Afif, yang menyambut baik penambahan jam opersional LRT. "Kalau sampai malam, maka kalau mau ke mal cukup naik LRT, karena tak khawatir lagi tak ada kereta di malam hari," katanya.

Dia menambahkan, bersama keluarga lebih senang naik LRT jika mau jalan-jalan ke mal, karena setiap akhir pekan ke mal sulit mencari lokasi parkir kendaraan. Selain itu bayar parkir sangat mahal. "Bayangkan saat pulang kita harus bayar pakir sampai Rp 25 ribu. Belum lagi bensin mobil. Nilai itu cukup untuk biaya kita naik LRT, lagian kita tak repot harus bawa kendaraan," ujarnya. (mg2)

====

Penulis: Rangga Erfizal
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved