Lukisan Termahal

Ada Lukisan Terjual Rp 6,6 M, Pertama Termahal

Bagi kolektor dan penggila lukisan, apa dan berapa saja lukisan yang diliriknya tak segan-segan merogoh kantong dengan nilai luar biasa.

Ada Lukisan Terjual Rp 6,6 M, Pertama Termahal
kompas.com
Portrait of Edmond Belamy Portrait of Edmond Belamy(Ovious) 

Ada Lukisan Terjual Rp 6,6 M, Pertama Termahal

SRIPOKU.COM--  Bagi kolektor dan penggila lukisan, apa dan berapa saja lukisan yang diliriknya tak segan-segan merogoh kantong dengan nilai luar biasa.

Seperti dirilis Kompas.com, sebuah lukisan yang menampilkan seorang pria dengan mantel hitam terjual dengan harga 432.500 dollar AS atau sekitar Rp 6,6 miliar pada hari Kamis (25/10/2018) lalu di pelelangan Christie’s.

Sekilas, lukisan tersebut tampaknya biasa saja, malah agak menakutkan karena wajah pria tersebut tidak terlihat jelas.

Namun, lukisan ini menjadi luar biasa ketika Anda tahu pembuatnya.

Lukisan yang diberi judul “Portrait of Edmond Belamy” ini merupakan lukisan karya kecerdasan buatan ( AI) pertama di dunia yang dilelang di dunia seni.

AI pelukisnya, Ovious, membuat lukisan ini dengan meniru gaya seniman ternama, seperti Rembrandt van Rijn.

Dalam mengajari Ovious gaya Rembrandt dan pelukis lainnya, para ahli, termasuk Hugo Caselles-Dupré, Pierre Fautrel dan Gauthier Vernier, menggunakan metode generative adversarial network (GAN).

Alogaritma GAN ini melibatkan sebuah Generator (yang membuat karya seni) dan Discriminator (yang berusaha membedakan karya buatan manusia dan AI).

Caselles-Dupre menuturkan, kami memberi sistem ini data yang berisi 15.000 lukisan manusia dari abad ke-14 hingga abad ke-20.

Halaman
12
Penulis: Salman Rasyidin
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved