Berita Palembang

Lulusan SMK Wajib Kantongi Sertifikat LSP, Baru Ada 11 SMK di Sumsel Pegang Lisensi LKS-P1

Ia menambahkan, saat ini sudah ada 11 SMK di Sumsel yang memegang SK LSP ini sesuai dengan program keahlian masing-masing.

Lulusan SMK Wajib Kantongi Sertifikat LSP, Baru Ada 11 SMK di Sumsel Pegang Lisensi LKS-P1
SRIPOKU.COM/YULIANI
Para siswa SMKN 6 Palembang saat paraktik untuk sertifikat LKS beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Tak hanya mengantongi ijazah akademik saja, kini lulusan SMK wajib mengantongi sertifikat Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) sebagai bukti siap bersaing di Dunia Usaha dan Industri (DUDI).

Sejak kebijakan ini diterapkan beberapa tahun terakhir, sudah banyak SMK di Sumsel yang menjadi LSP Pihak Pertama (LSP-P1) yang artinya berhak menjadi tempat rujukan ujian yang diakui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Salah satu SMK yang sudah menerima lisensi LSP-P1 ini adalah SMKN 6 Palembang. Sekolah ini pun menjadi rujukan LSP untuk program keahlian Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana, dan Kecantikan kulit dan rambut

Bak Langit dan Bumi, Terungkap Ternyata Begini Perbedaan Rumah Sule dan Lina Setelah Bercerai?

Ketua LSP SMKN 6, Elis Suryani S.Pd mengatakan, untuk menjadi sekolah yang memiliki lisensi LSP ini banyak syarat yang harus dipenuhi.

Seperti harus punya assesor, punya ruangan LSP, dokumen-dokumen dan SOP yang diperlukan oleh lembga sertifikasi, dan harus punya Tempat Uji Komptensi (TUK).

"Mereka ujiannya per kluster atau per skema. Setiap semester sudah dibagi-bagi. Dari hasil per semester nanti dimasukkan ke laporan dan bis ikut ujian. Barulag bisa dikeluarkan sertifikatnya oleh BNSP," ungkapnya, Kamis (29/11/2018).

Bak Istana, Inilah 5 Rumah Mewah Artis Indonesia yang Dilengkapi Lift, Sampai Ada yang Mirip Mall!

Menurutnya, belum tentu semua sekolah ada LSP. Maka itu bagi sekokah yang sudah ditunjuk seperti SMKN 6 ini, disarankan membuat jejaring.

"Kalau jejaring kita sendiri ada 18 SMK baik negeri dan swasta yang punya PK Pariwisata. Jadi saat mau mengambil sertifikat LSP bisa ujian di sekolah kita," jelasnya.

Sementara itu, Kabid SMK Dinas Pendidikan Sumsel, Dra Erlina, MM mengatakan, LSP sendiri merupakan lembaga sertifikasi yang telah memiliki lisensi dari BNSP yang secara independen dan profesional telah membuat dan mengembangkan standarisasi kompetensi kerja.

Berita Lubuklinggau: Diduga Ketagihan Judi Online, Oknum Guru di Lubuklinggau Gelapkan Sepeda Motor

Halaman
12
Penulis: Yuliani
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved