Cegah Kadar Sel Darah Merah Rendah, Rutinlah Konsumsi Makanan Ini

Anemia atau kondisi kadar sel darah merah yang rendah merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi di masyarakat.

Cegah Kadar Sel Darah Merah Rendah, Rutinlah Konsumsi Makanan Ini
Tribun Bogor
Ilustrasi - Daging. 

SRIPOKU.COM, JAKARTA - Anemia atau kondisi kadar sel darah merah yang rendah merupakan salah satu penyakit yang paling umum terjadi di masyarakat.

Data Kementerian Kesehatan RI, setidaknya satu dari lima orang Indonesia berisiko terkena anemia, dengan presentase perempuan mencapai 57 persen (data 2013).

Anemia yang diabaikan bisa mengganggu produktivitas seseorang. Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), Prof. Dr. Endang L. Achadi menjelaskan, anemia terjadi karena rendahnya hemoglobin (sel darah merah).

Padahal, hemoglobin berfungsi membawa oksigen ke seluruh organ tubuh

"Oksigen dibutuhkan ke seluruh organ. Misalnya ke otak supaya berpikir tangkas, otot untuk bergerak," kata Dr. Endang pada acara penegasan dukungan Merck terhadap gerakan 'Indonesia Bebas Anemia' di Jakarta, Kamis (26/4/2018).

"Kalau oksigen ke otak kurang maka kita sulit konsentrasi. Kalau enggak cukup ke otot maka produktivitas turun, diajak ngobrol enggak nyambung," kata Endang.

Ibu hamil dan remaja putri menjadi kelompok yang paling berisiko anemia. Ibu hamil harus berbagi zat besi dengan bayi di kandungan. Sementara remaja membutuhkan zat gizi lebih banyak untuk pertumbuhan.

Remaja putri lebih berisiko karena mengalami menstruasi setiap bulannya. Sehingga akan mengeluarkan darah rutin setiap bulan.

Untuk mencegahnya bisa dilakukan beberapa hal. Termasuk dengan mengatur pola makan. Di Indonesia, penyebab utama anemia adalah defisiensi zat besi.

"Penyebab utamanya jelas kekurangan zat besi. Jadi, konsumsi lah makanan bergizi seimbang termasuk makanan kaya sumber zat besi," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved