Lapor Mang Sripo

Solusi Larangan Membakar Lahan

Kami selaku petani secara jujur mengungkapkan sulit jika kami dilarang untuk membuka lahan tanpa membakar. Ini bukan kebiasaan, tetapi saya pribadi

Solusi Larangan Membakar Lahan
SRIPOKU.COM/BERI SUPRIYADI
Ilustrasi - Tim dari BKO Brimob Polda Riau berjibaku memadamkan api yang membakar lahan gambut di kawasan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. 

Kepada dinas terkait, kami selaku petani secara jujur mengungkapkan sulit jika kami dilarang untuk membuka lahan tanpa membakar. Ini bukan kebiasaan, tetapi saya pribadi selaku petani tidak punya modal banyak apabila ingin membuka lahan tanpa harus bakar lahan.

Selain itu, waktu yang diperlukan juga lebih lama sehingga kami tidak bisa dengan cepat melanjutkan proses produksi. Padahal, apa-apa yang kami panen atau kami produksi, toh juga akan digunakan oleh banyak orang. Mohon dicarikan solusi sehingga aturan dilarang membakar tidak membuat kami rugi.
0812781946xx

Jawaban
Peraturan Daerah (Perda) yang dibuat saat ini di luar kebiasaan para petani. Seperti diketahui, petani lebih sering membuka lahan dengan membakar karena lebih murah, sedangkan dalam Perda membakar lahan bakal disanksi.

Karena itu, kita mewacanakan agar Perda tersebut tetap dijalankan. Namun, petani tetap merasa tidak terbebankan. Solusinya, yaitu, meminjamkan secara gratis alat berat kepada para petani untuk membuka lahan. Bahkan, bila perlu termasuk bahan bakar pun disubsidi oleh Pemprov Sumsel. Kita kan punya banyak alat berat jadi bisa kita pinjamkan ke petani yang ingin membuka lahan. (mg5)

Herman Deru
Gubernur Sumsel

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

===

Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved