Berita Palembang

12 Kabupaten & Kota di Sumsel Lakukan Peninjauan Kembali RTRW Untuk Penataan Ruang

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sumsel, Ucok Hidayat mengatakan pengembangan suatu wilayah harus memiliki

12 Kabupaten & Kota di Sumsel Lakukan Peninjauan Kembali RTRW Untuk Penataan Ruang
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) di Hotel Excelton, Selasa (27/11/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Penataan ruang memegang peran penting dan strategis dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Melalui penataan ruang yang baik dapat dipadukan berbagai kebijakan dalam pemanfaatan ruang.

Dengan kata lain pelaksanaan pembangunan merupakan implementasi dalam pemanfaatan ruang, sehingga pelaksanaan pembangunan harus dilakukan sesuai dengan dokumen Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sumsel, Ucok Hidayat mengatakan pengembangan suatu wilayah harus memiliki perencanaan yang matang begitupun program serta zonasinya.

Goran Gancev Jarang Jadi Starter dan Diturunkan di Sriwijaya FC, Ini Alasan Alfredo Vera

"Kita tahu dengan adanya Pilkada kemarin banyak program-program yang ditawarkan kandidat untuk pengembangan wilayah, dalam pelaksanaannya memang harus jelas zonasinya mana yang boleh dibangun atau mana yang tidak agar lebih terarah," jelasnya disela Rapat Koordinasi Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) di Hotel Excelton, Selasa (27/11/2018).

Ucok mengungkapkan pada tahun 2018 ini ada 12 kabupaten/kota yang melaksanakan peninjauan kembali RTRW, yaitu Palembang, Pagaralam, Lubuk Linggau, Ogan Ilir, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, Musi Rawas, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan dan Banyuasin.

Dan ada 9 kabupaten/kota yang telah melaksanakan Pilkada serentak yaitu Palembang, Lubuk Linggau, Pagaralam, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang, Banyuasin dan Ogan Komering Ilir.

Jadi Duta Literasi, Percha Leanpuri Diminta Rajin Turun ke Lapangan,Ini Tugas Wajib dari Herman Deru

"Dengan adanya proses pelaksanaan peninjauan kembali merupakan kesempatan bagi kabupaten/kota untuk memasukan kebijakan, dinamika pembangunan yang belum termuat dalam RTRW baik kebijakan nasional, provinsi maupun daerah bisa dilaksanakan," jelasnya.

Ia juga meminta bagi kepala daerah yang telah melaksanakan pilkada serentak agar dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) berpedoman pada RTRW.

Halaman
12
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved