Tidak hanya Sinyal Buruk, Tujuh Hal ini yang Membuat Baterai Ponsel Boros

Baterai ponsel menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan oleh masyarakat saat ini ketika sedang berada di luar rumah.

Tidak hanya Sinyal Buruk, Tujuh Hal ini yang Membuat Baterai Ponsel Boros
istimewa
Ilustrasi - Baterai Ponsel Boros. 

SRIPOKU.COM - Baterai ponsel menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan oleh masyarakat saat ini ketika sedang berada di luar rumah.

Kondisi baterai ponsel yang cepat habis seringkali membuat seseorang merasa kesal dan tidak berdaya.

Padahal, baterai ponsel yang boros ternyata dipengaruhi oleh beberapa hal dan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna. Apa sajakah itu?

1. Sinyal buruk

Ilustrasi <a href='http://palembang.tribunnews.com/tag/sinyal' title='sinyal'>sinyal</a> ponsel buruk

Ilustrasi sinyal ponsel buruk. (shutterstock)

Ketika sedang bepergian, seringkali kita melewati area-area dengan sinyal yang kurang baik atau bahkan sama sekali tidak ada. Kondisi ini akan membuat pemakaian baterai ponsel menjadi boros.

Sebab, ponselmu berusaha keras untuk mencari sinyal agar bisa menghubungkanmu dengan dunia luar.

Sebagai gambaran, ponsel akan terus menerus mengirimkan dan menerima sinyal dari tower terdekat. Ketika tower terdekat tersebut tidak bisa menerima pesannya, ponsel tersebut akan mengirimkan kembali pesannya ke tower lainnya dan hal ini membutuhkan tenaga baterai.

Hal itu diungkapkan oleh software engineer, entrepreneur, dan mantan U.S. Army electronic warfare specialist Kyle Logue.

Untuk menghemat baterai pada kondisi tersebut, atur ponsel menjadi mode terbang (airplane mode) atau cobalah cari koneksi WiFi terdekat.

2. Terlalu banyak pemberitahuan aplikasi

Ilustrasi notifikasi ponsel
Ilustrasi notifikasi ponsel. (shutterstock )

Terlalu banyak pemberitahuan (notifikasi) aplikasi juga bisa membuat baterai ponsel menjadi boros. Kecuali jika secara spesifik kamu sudah mematikan notifikasinya.

Semakin banyak aplikasi dengan notifikasi menyala, maka daya ponsel yang digunakan akan semakin besar.

Jadi, pilihlah notifikasi aplikasi yang benar-benar diperlukan dan matikan notifikasi pada aplikasi yang tidak terlalu perlu.

3. Ponsel sudah tua

Ilustrasi ponsel tua
Ilustrasi ponsel tua. (shutterstock)

Perkembangan ponsek terus berubah dari waktu ke waktu, termasuk adanya perubahan jenis baterai. Misalnya, merek Apple selalu berupaya mengarahkan pelanggannya untuk selalu membeli seri terbaru. Salah satunya dengan terus memperbarui jenis baterai.

Baterai yang cepat habis bisa jadi merupakan tanda bahwa ponselmu sudah saatnya diganti karena baterainya sudah tidak baik.

4. Bluetooth selalu dinyalakan

Ilustrasi bluetooth
Ilustrasi bluetooth. (shutterstock)

Banyak ponsel didesain dengan bluetooth yang selalu otomatis menyala. Padahal, kondisi bluetooth yang menyala bisa memberikan tekanan lebih pada baterai. Termasuk jika GPS dalam keadaan menyala.

"GPS dan bluetooth yang selalu menyala menbuat baterai ponsel bekerja lebih keras karena ada proses aktif yang membutuhkan daya. Jadi, lebih baik mematikannya ketika tidak dibutuhkan," kata wireless telecom career and business strategist Mike McRitchie.

5. Banyak menelepon

Ilustrasi menelpon
Ilustrasi menelpon. (shutterstock)

Jika kamu banyak melakukan panggilan, hampir pasti baterai ponselmu akan lebih mudah habis.

McRitchie mengatakan, panggilan telepon membutuhkan sedikit daya lebih daripada sinyal biasa. Selain itu, panggilan telepon juga menyedot daya untuk mengeluarkan elemen suara yang tidak disertakan ketika berkirim pesan atau email.

"Mengirim pesan atau email akan lebih menghemat baterai," katanya.

6. Mengambil banyak foto dan video

Ilustrasi merekam video
Ilustrasi merekam video. (shutterstock)

Ketika kamu sering mengabadaikan foto dan video saat bepergian, memiliki hewan peliharaan baru atau sekadar ingin narsis, bateri ponselmu mungkin akan cepat habis.

Hal itu dikarenakan mengambil foto dan video menuntut ponsel untuk bekerja lebih keras, seperti memfokuskan gambar dan merekam gambar serta suara.

Ketika kamu sedang mengambil banyak gambar dan video, cobalah untuk menyalakan mode terbang sehingga ponsel tidak bekerja lebih keras untuk mencari sinyal dan fokus mengambil gambar dalam waktu yang sama.

7. Aplikasi dengan GPS

Ilustrasi GPS
Ilustrasi GPS. (shutterstock)

Beberapa aplikasi mungkin mengharuskan kamu untuk menyalakan GPS agar lokasi bisa terlacak. Menyalakan GPS dalam waktu lama juga bisa membuat baterai ponsel cepat habis.

Jika kamu tidak benar-benar membutuhkannya, cobalah untuk mematikan fitur tersebut.

Namun, jika memang harus menyalakannya dalam waktu lama, jangan lupa membawa sumber daya tambahan seperti power bank atau jika akan menggunakan peta lokasi sambil berkendara, kamu bisa mengunggahnya sehingga bisa digunakan secara offline.

8. Jika udara terlalu dingin atau panas

Ilustrasi cuaca panas
Ilustrasi cuaca panas. (shutterstock)

Udara luar ternyata juga bisa berdampak pada baterai ponsel. Baik terlalu panas maupun terlalu dingin.

McRithie menjelaskan, itulah mengapa ketika udara sedang sangat dingin banyak orang menggunakan sarung tangan. Sebab dingin akan membuat kerja ponsel lebih keras.

Begitu pula ketika udara terlalu panas, usahakan kamu menyimpan ponsel di saku jaket untuk menjaga suhunya.

Penulis: Nabilla Tashandra
Sumber: Reader's Digest

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://lifestyle.kompas.com/ dengan Judul:
8 Hal yang Membuat Baterai Ponsel Boros

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved