Berita Bisnis

Sukses Bisnis Ditentukan oleh Sikap Pebisnis dan Tiga Faktor Berikut Ini

Banyak pebisnis Muslim yang kesulitan memperbesar jaringan usaha karena masih belum mau menjalin relasi dengan pihak luar.

Laporan wartawan sripoku.com, Jati Purwanti

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Trainer Bisnis Nasional, Fitra Jaya Saleh, mengatakan dalam berbisnis, kesuksesan ditentukan oleh tiga faktor utama yang mutlak dimiliki oleh calon pebisnis.

Selain memiliki jiwa kepemimpinan (leadership), faktor lainnya yakni mempunyai mentor atau guru yang akan membimbing dalam melakukan praktik bisnis serta memiliki organisasi bisnis yang jelas.

"Jadi pebisnis harus punya sikap sebagai pemimpin, lalu ada mentor untuk mengarahkan saat mengelola bisnis dan terakhir adalah tidak hanya jadi reseller saja namun harus jadi pebisnis murni. Jika ketiganya dimiliki maka bisnis yang dijalankan bisa tumbuh dan berkembang lebih besar," ujarnya dalam seminar bisnis Roadshow Saudagar Nusantara di Palembang, Kamis sore (22/11).

Dia mengatakan, meski sebenarnya tak menjadi soal bila di awal mula terjun ke dunia usaha calon pebisnis harus mulai dari nol dan terpaksa menjadi reseller.

Namun, calon pebisnis harus lebih giat memperkaya keilmuan tentang bisnis apa yang hendak diseriusi.

"Awal-awal boleh jualan atau jadi reseller tetapi selanjutnya harus ada perkembangan. Usaha yang dirintis diupayakan menjadi besar agar benar-benar menjadi pebisnis," katanya.

Sementara menurutnya, saat ini banyak pebisnis Muslim yang kesulitan memperbesar jaringan usaha karena masih belum mau menjalin relasi dengan pihak luar.

Baca: Lusiana Pasrah Serahkan Motor dan Uang Rp 1 Juta Kepala Pelaku Begal yang menodongnya

Baca: Sehari Sebelum Ditemukan Dalam Lemari, Almarhumah Ciktuti Ingin Pulang ke OKU Selatan

Padahal, dalam berbisnis berkongsi dan bermitra dengan berbagai kalangan adalah sebuah keniscayaan.

"Kalau pengusaha Muslim ingin usahanya berkembang jangan bekerja sendirian. Berbagilah dengan banyak pihak, kerjasama atau berkongsilah dengan pihak luar agar semakin banyak pasar dan kalangan yang bisa menjadi sasaran bisnis," jelasnya.

Ketua Panitia Roadshow Saudagar Nusantara di Palembang mengatakan, acara yang digelar kali ini merupakan bagian kegiatan nasional yang diikuti oleh masyarakat yang ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis.

"Untuk pesertanya kami berikan ilmu tentang menjalankan bisnis. Selain itu pula, nantinya kami juga akan menjembatani peserta untuk membuka usaha serta membantu melegalkan usaha yang dikelola," terangnya.

Dia menambahkan, di Sumsel sendiri sudah ada sekitar 450 anggota yang setiap pekannya rutin mengikuti mentoring usaha yang diakan komunitas Saudagar Nusantara.

"Sejak tahun lalu kami memfokuskan untuk membantu pelaku usaha UMKM untuk mengembangkan bisnis yang digeluti. Untuk Kota Palembang kebanyakan bisnisnya memang dari sektor bisnis kuliner." katanya.(mg3)

Penulis: Jati Purwanti
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved