Lapor Mang Sripo

Transparansi Tes CPNS 2018

Untuk pengawas seleksi CPNS tahun ini, kami sangat berharap benar-benar jujur dan adil serta transparan memberikan informasi kepada masyarakat.

Transparansi Tes CPNS 2018
SRIPOKU.COM/SYAHRUL HIDAYAT
Ilustrasi - Ratusan peserta CPNS mengikuti tes dengan sistem CAT di Dining Hall Wisma Atlet Jakabaring, Rabu (14/11/2018). Hari ini diikuti CPNS Kemenag dan CPNS untuk OKI. 

Untuk pengawas seleksi CPNS tahun ini, kami sangat berharap benar-benar jujur dan adil serta transparan memberikan informasi kepada masyarakat. Jangan sampai ada oknum-oknum pejabat atau yang beruang menyuap petugas seleksi untuk memasukkan atau meloloskan keluarganya.

Semoga saja, seleksi tahun ini menjadi awal seleksi CPNS yang benar-benar dilakukan atas dasar kemampuan peserta seleksi sehingga nantinya yang menduduki dinas-dinas di Sumsel memang orang-orang yang jujur, bukan karena ingin mengejar uang semata.
0813663125xx

Jawaban
Hal tersebut menjadi prioritas kita dari awal. Terus terang, kami sudah beberapa kali didatangi oknum-oknum yang ingin memberikan uang supaya keluarga yang sedang ikut seleksi bisa diluluskan. Namun, semuanya kita tolak demi terciptanya seleksi yang bersih. Bahkan oknum itu menjanjikan membawa paketan sampai sepuluh orang untuk minta diloloskan CPNS.

Apalagi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) sekarang, sangat transparan dan hanya bisa berdasarkan kemampuan peserta tes seleksi, tak bisa lewat sogok-sogokan. Dengan sistem IT berlapis, soal tes yang dibuat oleh consorsium se Indonesia itu diyakini sangat sulit ditembus. Soal tes CPNS sendiri jika bakal ditembus oleh oknum tak bertanggung jawab, maka mereka bakal kesulitan untuk melihat apa soal yang diteskan. Sebab, ketika hacker berhasil masuk yang akan muncul bukan soal melainkan tulisan sulit dimengerti seperti bahasa planet.

Jadi, kita pastikan transparan karena peserta akan melalui tes kompetensi dasar dan bidang dinilai sesuai dengan pasingg gradenya. BKN saja diberitahu nama-nama peserta tes sehari sebelum, jadi tak ada cela KKN. Saking ketat dan transparannya tes CPNS menggunakan sistem CAT, pada tahun 2014 lalu anak Presiden Joko Widodo dinyatakan gagal menjadi aparatur negara. (mg3)

Agus Sutiadi
Kepala Kantor Regional (Kanreg) BKN VII Palembang

Keterangan:
Jika Anda ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran tentang pelayanan publik, silahkan mengirimkan ke: SMS: 0811710188, Fax: 0711-447071, E-mail: sriwijayapost@yahoo.com, Facebook: Sriwijaya Post

====

Tags
CPNS
oknum
Editor: Bejoroy
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved