Berita Palembang

E-Court Mahkamah Agung : 300 Advokat Palembang Ikuti Sosialisasi E-Court. Sidang Cuma Lewat Online

eCourt Mahkamah Agung adalah Layanan Pendaftaran Perkara Online, Pembayaran Online dan Pemanggilan Online.

E-Court Mahkamah Agung : 300 Advokat Palembang Ikuti Sosialisasi E-Court. Sidang Cuma Lewat Online
TRIBUNJATIM.COM/SAMSUL ARIFIN
Ruangan e-Court yang disediakan di Pengadilan Negeri Surabaya guna mendaftarkan perkara melalui peradilan online, Jumat (3/8/2018). 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sebanyak 300 advokat menyimak dengan seksama sosialisasi Peraturan Mahkamah Agung No 3 Tahun 2018 tentang administrasi perkara di pengadilan secara elektronik yang dinamai E-Court di Kampus STIHPADA Jl Sukabangun 2 Palembang, Kamis (15/11/2018).

Ketua Panitia HUT Peradi ke-XIV, Antoni Yuzar SH MH mengatakan sosialisasi ini ada kaitan erat dengan agenda HUT Peradi ke-XIV.

Tujuan E-court ini untuk memahami dan mendalami sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung No 3 Tahun 2018 tentang administrasi perkara di pengadilan secara elektronik.

"Peserta yang menyatakan hadir pada sosialisasi e-court ini sebanyak 250-an khususnya dari anggota Peradi Palembang dan sekitarnya. Sebenarnya lebih banyak lagi. Kita maklum karena ini hari kerja," ungkap Antoni Yuzar yang juga anggota Komisi 1 dari Fraksi PKB DPRD Kota Palembang.

Hasil gambar untuk E-court

Menurut Antoni, kegiatan yang menghadirkan Ketua Pengadilan Negeri Klas 1 Palembang Bongbongan Silaban SH LLM sebagai nara sumbernya ini seiring dengan teknologi sekarang akan lebih ekonomis, efektif dan dimudahkan.

"Pas pembuktian baru secara fisik hadir. Kalau soal gugatan berikut lampitannya cukup dengan via email saja. Tiap-tiap advokat mesti punya akun email untuk beracara dimanapun. Ini sangat bermanfaat bagi lawyer untuk menghemat waktu," ujarnya.

Dari kanan: Ketua Panitia HUT Peradi ke-XIV, Antoni Yuzar SH MH, Ketua DPC Peradi Palembang Hj Nurmalah SH MH, dan Ketua Pengadilan Negeri Klas 1 Palembang Bongbongan Silaban SH LLM pada Sosialisasi E-Court.
Dari kanan: Ketua Panitia HUT Peradi ke-XIV, Antoni Yuzar SH MH, Ketua DPC Peradi Palembang Hj Nurmalah SH MH, dan Ketua Pengadilan Negeri Klas 1 Palembang Bongbongan Silaban SH LLM pada Sosialisasi E-Court. (SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ)

Ketua DPC Peradi Palembang Hj Nurmalah SH MH menghimbau agar advokat Peradi untuk mengikuti sosialisasi Perma No 3 Tahun 2018 tentang administrasi perkara di pengadilan secara elektronik mengingat pentingnya untuk diikuti.

Gambar terkait

"Tujuan acara ini dalam rangka pembenahan sistem peradilan menghindari "kontak fisik" dan ini lebih memudahkan tidak perlu hadir ke pengadilan. Dengan syarat KTP, BAS (Berita Acara Sumpah), dan kartu advokat, serta nomor rekening. Acara jawab menjawab tidak perlu hadir. semua melalui online. Peradi ada sekitar 300 peserta bekerjasama dengan PN Palembang dan STIHPADA. Kita sangat tergantung dengan PN Palembang sebagai teknisi nara sumber yang melaksanakan sosialisasi bagaimana pentingnya e-court itu," jelas Nurmalah.

Halaman
12
Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Candra Okta Della
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved