Berita Palembang

Berita Palembang: Waspada Pohon Tumbang Musim Hujan, Dinas Pera KP Siagakan Puluhan Petugas

Hujan deras yang menerpa Palembang tidak hanya menimbulkan dampak banjir, tak jarang pohon-pohon tua di pinggir jalan juga

Berita Palembang: Waspada Pohon Tumbang Musim Hujan, Dinas Pera KP Siagakan Puluhan Petugas
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Empat pohon besar di kawasan Jakabaring Sport City Palembang tampak tumbang diterjang hujan disertai angin kencang beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Hujan deras yang menerpa Palembang tidak hanya menimbulkan dampak banjir, tak jarang pohon-pohon tua di pinggir jalan juga ikut tumbang karena derasnya terjangan angin.

Bahkan, efek dari terjangan angin beberapa waktu lalu membuat puluhan pohon besar serta venue-venue olahraga di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang porak poranda.

Melihat tingginya potensi pohon tumbang disaat musim hujan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Pera KP) Palembang menyiapkan tiga grup yang berjumlah puluhan petugas.

Para petugas ini akan siaga selama penuh selama musim hujan disertai angin kencang dan petir terjadi di kota Palembang.

"Kita siapkan tiga grup untuk siaga pohon roboh. Nanti mereka akan bertugas memantau jalanan apabila ada laporan pohon tumbanh," ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Pera KP) Kota Palembang, Erwani Matdehi, Kamis (15/11/2018).

Ia menjelaskan, selain beranggotakan puluhan petugas grup tersebut juga dibekali dengan peralatan cepat tangap untuk menebang pohon serta ditopang armada dump truk yang siap mengevakuasi jika ada pohon tumbang menggangu lalu lintas.

"Seperti di kejadian di Jakabaring kemarin, petugas kita langsung turun tangan bekerja selama dua hari. Kepada masyarakat agar waspada saat musim hujan, karena renta pohon tumbang," jelasnya.

Terkait jumlah pohon besar yang rawan tumbang, Erwani mengaku pihaknya belum menginventarisirirnya secara keseluruhan di kota pempek.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat jangan segan untuk mengadu kepada pihaknya, agar mereka cepat bertindak ketika insiden pohon atau lampu jalan ambruk karena terjangan angin.

"Untuk jumlah pohon yang rentan tumbang kita belum tahu, sayang juga kalau kita asal tebang. Jika ada kejadian, warga jangan sungkan memberitahu kami," katanya.

=====

Baca: 4 Faktor Penyebab Berat Badan Naik Meski Makan Sedikit, Apa Saja ?

Baca: Banyak Peserta CPNS 2018 Tak Lolos Passing Grade SKD, Bagaimana Sikap BKN?

Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved