Berita Palembang

Universitas Taman Siswa Palembang Ajak Siswa Dialog tentang Pahlawan Masa Kini

Universitas Taman Siswa (Unitas) Palembang menggelar dialog Kepahlawanan di gedung Dharma Wanita Sriwijaya, Rabu (14/11/2018).

Universitas Taman Siswa Palembang Ajak Siswa Dialog tentang Pahlawan Masa Kini
SRIPOKU.COM/YULIANI
Salah satu siswa sedang bertanya kepada beberapa narasumber dalam acara dialog Kepahlawanan Unitas di gedung Dharma Wanita Sriwijaya, Rabu (14/11/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Universitas Taman Siswa (Unitas) Palembang menggelar dialog Kepahlawanan di gedung Dharma Wanita Sriwijaya, Rabu (14/11/2018). Dialog ini mengangkat tema nilai-nilai kepahlawanan merupakan sumber kekuatan pemersatu bangsa.

Rektor Unitas, Drs H Joko Siswanto MSi mengatakan kegiatan dialog ini masih dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November lalu. Tak hanya mahasiswa, para siswa SMA/SMK pun turut hadir dalam dialog ini. Selain itu hadir pula beberapa veteran atau pejuang kemerdekaan yang bisa berbagi pengalaman dan semangat kepada siswa.

Adapun narasumber yang mengisi materi yakni Dr. Retno Susanti, M.Hum selaku dosen sejarah Unsri,
Mayor Ahmad Zahroni dari Korem 044 Garuda Dempo, dan Rektor Unitas, Drs H Joko Siswanto MSi.

Dalam isi materinya, Joko Siswanto menekankan akan pentingnya peringatan hari Pahlawan ini. Karena sebagaimana yang diketahui 10 November merupakan hari dimana terjadi pertempuran yang sangat luar biasa, antara pejuang Indonesia dan tentara sekutu yang diboncengi Belanda karena Belanda ingin kembali berkuasa setelah mengetahui Jepang kalah dengan sekutu.

"Meskipun perlawanan pejuang Indonesia akhirnya kalah tetapi keberanian, kegigihan, pantang menyerah, kekompakan dan militansi para pejuang dan arek-arek Surabaya dalam menghadapi pasukan penjajah telah mengilhami rakyat di daerah lain di Indonesia menjadi lebih berani melakukan perlawanan terhadap penjajah," ujarnya.

Baca: Banyak Peserta Tak Lolos Tahap SKD, Menpan RB Tegaskan Tidak Ada Ujian Ulang CPNS 2018

Baca: Berita Palembang: IPC Mengajar, Ciptakan Future Leaders Kaum Millenial Bidang Pelabuhan Kemaritiman

===

Penulis: Yuliani
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved