Tol Trans Jawa Tersambung, Surabaya-Jakarta Bisa 10 Jam?

Pemerintah terus menggenjot proyek pembangunan jalan tol yang menjadi jalur trans Jawa. Saat ini, jalur yang sudah tersambung mencapai 95 persen.

Tol Trans Jawa Tersambung, Surabaya-Jakarta Bisa 10 Jam?
katadata.co.id
Tol Trans Jawa. 

SRIPOKU.COM, SURABAYA - Pemerintah terus menggenjot proyek pembangunan jalan tol yang menjadi jalur trans Jawa. Saat ini, jalur yang sudah tersambung mencapai 95 persen.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Desi Arryani mengatakan, dengan tersambungnya jalur trans Jawa maka jarak tempuh Jakarta-Surabaya via jalan tol akan terpangkas signifikan.

"Jadi idealnya Jakarta-Surabaya itu enggak akan lebih dari 10 jam," ujarnya di Surabaya, Minggu (11/11/2018).

Meski begitu, waktu tempuh 10 jam diyakini Desi belum akan terjadi dalam waktu dekat. Sebab masih ada kendala yang dihadapi.

Menurut Desi, hambatan tersebut yakni masih crowded-nya jalan tol Jakarta-Cikampek akibat adanya proyek pembangunan jalan layang Tol Jakarta-Cikampek II (elevated).

"Kalau sekarang kan Jakarta- kampeknya masih crowded saya kira masih belum bias itu tergantung dari mungkin 14 jam tergantung jakarta Cikampeknya aja" kata dia.

Sebelumnya, Desi mengatakan, pentingnya pembangunan tol layang Jakarta-Cikampek untuk memecahkan persoalan kemacetan di ruas tol tersebut yang sudah parah.

Bila pembangunan tidak dilakukan kata Desi, kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek bisa kian parah. Terlebih jumlah kendaraan terus bertambah setiap tahunnya.

Dari total 19 ruas tol trans Jawa, 12 diantaranya dioperasikan oleh Jasa Marga. Total jalan trans Jawa sendiri sepanjang 1.150 km, sekitar 70 persenya dioperasikan Jasa Marga.

Penulis: Yoga Sukmana

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs http://style.tribunnews.com/ dengan Judul:
Trans Jawa Tersambung, Jakarta-Surabaya Bisa 10 Jam?

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved