Berita Muba

Pilkades Muba, 23 Kades Terpilih Bakal Dilantik Desember Nanti

Rencananya 23 kades terpilih tersebut bakal dilantik langsung oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin

Pilkades Muba, 23 Kades Terpilih Bakal Dilantik Desember Nanti
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin ketika melakukan monitoring pelaksanaan Pilkades Serentak di Muba. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhani

SRIPOKU.COM, SEKAYU -- Berjalan lancarnya Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 23 Desa dari 10 Kecamatan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sabtu (10/11/18) lalu dan terpilih 23 kepala desa.

Rencananya 23 kades terpilih tersebut bakal dilantik langsung oleh Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin pada bulan Desember 2018 nanti.

"Alhamdulillah Seluruh tahapan pilkades serentak dapat berjalan lancar, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholders terkait yang telah membantu  dalam pelaksanan Pilkades Serentak yang dilaksanakan kemaren  sehingga dapat berjalan tertib aman dan lancar sesuai dengan tahapanya,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Muba,  Richard Cahyadi AP MSi, Minggu (11/11/18).

Baca: Aksi Curi Uang & Rokok di Warung Tidak Ketahuan, Pemuda Ini Kembali Lakukan Aksi yang Sama

Lanjutnya, berdasarkan hasil Pilkades Serentak yang baru selesai dilaksanakan pihaknya telah mengantongi 23 nama kades terpilih.

Pelantikan Kades terpilih dimaksud akan digelar bulan Desember, dimana dalam setiap tahapan yang dilakukan usai pemilihan tersebut yakni penetapan Kades terpilih dan akan dilakukan mengacu kepada Permendagri Nomor 65 Tahun 2017, tentang Pemilihan Kepala Desa, sesuai kententuan Pasal 47d  angka (8)

“Pelaporan hasil pemilihan kepala Desa melalui musyawarah Desa kepada BPD dalam jangka waktu 7 hari setelah musyawarah Desa mengesahkan calon kepala Desa terpilih; dilanjutkan dengan pelaporan calon kepala Desa terpilih hasil musyawarah Desa oleh ketua BPD kepada bupati dan paling lambat 7 (tujuh) hari setelah menerima laporan dari panitia pemilihan,”ungkapnya. 

Baca: Puskesmas Sri Tanjung Ogan Ilir Gelar Sikat Gigi Massal di SDN 14 Tanjung Batu Ogan Ilir

Kades terpilih yang akan dilantik rencananya dibulan Desember 2018, dan akan dilantik langsung oleh Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin.

“Bulan Desenber nanti sebanyak 21 Kepala Desa sedangkan 2 kades terpilih lainnya yakni Kecamatan Lalan yakni Desa Galih Sari dan Desa Madya Mulia akan dilakukan pelantikan pada Februari 2019 mendatang,”jelasnya. 

Baca: Bermodalkan Latihan Seminggu, Sriwijaya FC Makin Bernafsu Hadapi Barito Putera

Sebelumnya, Pada kesempatan pelaksanaan Pilkades, Sabtu (10/11/18), Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin memantau langsung ke beberapa TPS Pilkades di beberapa Desa di wilayah Kecamatan Dalam Kabupaten Musi Banyuasin.

Dodi disela monitoring pelaksaanan Pilkades Seretak menghimbau, kepada seluruh calon Kades untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat proses Pilkades berlangsung. 

“Mari kita tuntaskan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak ini sesuai mekanisme dan peraturan yang berlaku sehingga diharapkan pilkades berjalan Kondusif Aman dan terkendali,” ungkapnya.

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved