Berita Palembang

Berita Palembang: Diprediksi 2019 Potensi Karhutla Tinggi, Imbas Fenomena El Nino Meningkat

Pada tahun 2019 mendatang cuaca di Sumsel diprediksi akan mengalami kekeringan dengan jangka waktu cukup panjang,

Berita Palembang: Diprediksi 2019 Potensi Karhutla Tinggi, Imbas Fenomena El Nino Meningkat
SRIPOKU.COM/ODI ARIA SAPUTRA
Suasana publikasi karhutla Provinsi Sumsel di Hotel Peninsula Palembang," Kamis (8/11/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Pada tahun 2019 mendatang cuaca di Sumsel diprediksi akan mengalami kekeringan dengan jangka waktu cukup panjang, hal itu dikarenakan oleh adanya peningkatan fenomena El Nino atau fenomena perubahan iklim secara global yang diakibatkan karena memanasnya suhu di permukaan air laut Pasifik bagian timur.

Akibat dari fenomena tersebut potensi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Bumi Sriwijaya pun diprediksi bakal lebih meningkat dari tahun sebelumnya.

Korwil Daops Balai Pengendalian Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (BPPIKHL) Sumatera, Tri Prayogi mengakui jika ditahun 2019 kondisi panas bakal meningkat akibat adanya fenomena El-nino. Akibatnya, potensi Karhutla pun semakin meningkat.

"Tahun depan El Nino meningkat, diprediksi akan berimbas juga pada meningkatnya karhutla karena kekeringan akan lebih panjang," ujarnya dalam publikasi karhutla Provinsi Sumsel di Hotel Peninsula Palembang," Kamis (8/11/2018).

Ia menjelaskan, untuk menekan terjadinya karhutla meningkat di tahun depan pihaknya bakal lebih fokus dalam sisi pencegahannya seperti melakukan patroli secara mandiri, terpadu, sosialisasi dan mengkampanyekan akan bahayanya dampak dari karhutla.

Selain menitik beratkan pada pencegahan, pihaknya juga bakal melengkapi segala prasarana yang kurang seperti selang dan lain sebagainya serta menambah Sumber Daya Manusia (SDM) mengingat besarnya wilayah Sumatera.

"Tahun depan kita akan fokus untuk pencegahan terjadinya karhutla. Kita akan sosialisasi dan terus melakukan patroli rutin," jelas Tri.

Kasubag Tata usaha BPPIKHL, Kurniawati Negara mengungkapkan meski satgas Karhutla telah ditutup para petugas dilapangan tetap beroperasi untuk membantu pengembalian kondisi lahan serta melakukan perawatan sarana yang digunakan.

Pihaknya berharap dengan upaya ini maka dapat meminimalisir terjadinya Karhutla di tahun 2019 mendatang.

Halaman
12
Penulis: Odi Aria Saputra
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved