Bupati Musirawas

Ciptakan Hidup Bersih dan Sehat, Desa Petranjaya Wakili Musirawas Lomba PHBS Tingkat Propinsi

Sukses menciptakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang merupakan cerminan pola hidup keluarga, membawa Desa Petranjaya

Ciptakan Hidup Bersih dan Sehat, Desa Petranjaya Wakili Musirawas Lomba PHBS Tingkat Propinsi
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Bupati Musirawas bersama masyarakat dan tim Penilai PHBS melaksanakan gerakan 1000 sapu lidi dengan bersama-sama menyusuri jalan Desa Petran Jaya Kecamatab Muarakelingi, untuk membersihkan sampah yang ada dijalanan dan perkarangan rumah. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS-- Sukses menciptakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang merupakan cerminan pola hidup keluarga, membawa Desa Petranjaya Kecamatan Muara Kelingi mewakili Kabupaten Musirawas mengikuti lomba PHBS tingkat Propinsi Sumatera Selatan tahun 2018.

Tim Penilai PHBS tingkat Provinsi Sumsel, Selasa (6/11/2018) mengunjungi Desa Petranjaya guna melihat secara langsung kondisi pemukiman dan kehidupan masyarakat. Kunjungan ini disambut langsung oleh Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dan istri dr Hj Noviar Marlina Gunawan yang juga Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Musi Rawas, Camat Muara Kelingi, Kepala Desa, Kepala OPD Musi Rawas serta ratusan masyarakat setempat.

Setelah melakukan pertemuan resmi, Ketua Tim Penilai H Imam Subroto, S.Km, M.Ks beserta anggota Yusniwati Tohir dan H Darmawan, SH didampingi pemerintah desa meninjau pemukiman dan inovasi desa dalam mendukung PHBS khususnya dalam pemenuhan 10 indikator PHBS di rumah tangga.

Ketua Tim Penilai H Imam Subroto, S.Km, M.Ks usai melaksanakan kunjungan memberikan apresiasi kepada masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya pemenuhan indikator-indikator PHBS yang telah berjalan dengan baik dan konsisten.

Dari hasil penilaiannya, semua indikator terpenuhi oleh Desa Petrans Jaya dan dirinya berharap kondisi ini bukan hanya karena ingin mengikuti lomba namun tetap dilaksanakan seterusnya dan dirinya berharap seluruh desa dapat mencontoh dan mengikuti langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemdes Petranjaya.

Selain itu, Imam melanjutkan penilaian lomba ini bukan semata-mata untuk pelaksanaan program namun diharapkan tim penilai dapat mengetahui pelaksanaan program PHBS dilapangan sekaligus sebagai bentuk penghargaan kepada para pihak yang terlibat dalam penerapan PHBS di rumah tangga.

Diketahui, kata Imam, Propinsi Sumatera Selatan pada tahun 2016 lalu meraih penghargaan tertinggi yakni Pakarti Utama I, Kategori Kabupaten Lomba PHBS di Tatanan Rumah Tangga tingkat Nasional yang saat itu diwakili oleh Desa Lalang Sumbawa Kecamatan Sumbawa Kabupaten Banyuasin. Namun untuk 2018 ini, diharapkan Desa Petranjaya dapat meraih penghargaan serupa di tingkat Nasional.

Baca: 5 Misteri Terbesar Indonesia di Mata Dunia yang Belum Terpecahkan, No 4 Paling Terkenal!

Baca: Khawatir Riwayat Chat yang Sudah Dihapus Bisa Dihack Pasangan? Pastikan Tombol di WhatsApp Ini Mati

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Petranjaya, Nurlela dalam paparannya mengungkapkan 10 Indikator nasional PHBS yang saat ini telah dilaksanakan dan terpenuhi oleh Desa Petranjaya diantaranya setiap persalinan telah ditangani oleh tenaga kesehatan, setiap bayi yang dilahirkan telah diberikan bayi ASI Eksklusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan Air Bersih yang telah diuji oleh Badan LH Musirawas, telah terbiasamencuci tangan dengan air bersih dan sabu.

Selain itu, seluruh rumah di Desa Petranjaya telah memiliki dan menggunakan jamban sehat, secara rutin dan serentk masyarakat memberantas jentik di rumah, Makan sayur dan buah setiap hari yang dihasilakan dari tanaman perkarangan, Melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah yang dipertegas dengan telah dikeluarkannya peraturan desa dan komitmen masyarakat dengan tidak merokok dan menyediakan asbak di dalam rumah.

Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan pada kesempatan itu mengungkapkan, Lomba PHBS ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat. Dengan PHBS maka dapat menciptakan SDM yang sehat, cerdas, indonatif, kreatif dan berprestasi yang merupakan modal utama atau investasi dalam membangun daerah dan bangsa ini.

Dikatakan, Pemkab Musirawas mengajukan Desa Petranjaya untuk mengikuti lomba ini karena Desa ini telah menjadi Plopped PHBS serta menjadi tauladan desa lainnya untuk mewujudkan Musi Rawas Sempurna Sehat 2021 dan Gerakan Masyarakat Sempurna Sehat (GMMS) yang telah dicanangkan dan untuk mendukung Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang telah dicanangkan secara Nasional.

Selain desa Petranjaya, lanjut Bupati melalui GMSS, di Kabupaten Musi Rawas juga telah banyak desa yang telah menjalankan PHBS dengan baik, bahkan dibeberapa kecamatan PHBSnya sudah sangat baik, oleh karenanya lomba PHBS ini telah dimulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten dan saat ini memasuki tingkat Propinsi dan diharapkan untuk tingkat Nasional Desa Petranjaya ini dapat mewakili Propinsi Sumatera Selatan.

Pada kesempatan itu juga, dilaksanakan pemberian makan sehat, buah-buahan, dan susu untuk anak-anak dan puncaknya Bupati Musirawas bersama ratusan masyarakat dan tim Penilai PHBS melaksanakan gerakan 1000 sapu lidi dengan bersama-sama menyusuri jalan desa untuk membersihkan sampah yang ada dijalanan dan perkarangan rumah.

Baca: Jadwal Fuzhou China Open 2018 - Saatnya Jonatan Christie Catatkan Kemenangan Lawan Wakil India

Baca: 1 Tahun Lebih Keluar dari Indonesia, Rizieq Shihab Dikabarkan Ditangkap di Arab Saudi, Overstay?

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved