Berita Palembang

Tingkatkan Kemapuan Menulis, UPGRI Palembang Gelar Pelatihan Menulis Karya Ilmiah & Tesis

Untuk meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah dan tesis mahasiswanya, Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Tingkatkan Kemapuan Menulis, UPGRI Palembang Gelar Pelatihan Menulis  Karya Ilmiah & Tesis
IST
Rektor Universitas PGRI Palembang, Bukman Lian saat memberikan kata sambutan saat penulisan artikel ilmiah dan tesis Program Pascasarjana Universitas Palembang. 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Untuk meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah dan tesis mahasiswanya,  Pascasarjana Universitas PGRI Palembang mengadakan pelatihan menulis karya ilmiah dan tesis bagi mahasiswa.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri ma daya saing mahasiswa Pascasarjana Universitas PGRI Palembang di jurnal internasional.

Kegiatan pelatihan sendiri digelar di Aula Perpustakaan Universitas PGRI Palembang dengan menghadirkan pembicara utama yakni, Augie Widyotriatmo, S.T, M.T, Ph.D, serta ada juga tiga pembicara pendamping yakni, Dr. H Houtman, M.Pd, Dr. Tahrun M.Pd, Dr. Muhammad Kristiawan M.Pd.

Rektor Universitas PGRI Palembang Bukman Lian mengatakan, pihaknya berinisiatif melaksanakan pelatihan menulis karya ilmiah dan tesis, kali ini khusus para mahasiswa dan dosen di Pascasarjana, untuk melatih mereka di kampus agar dapat menulis karya ilmiah serta tesis dengan baik dan sempurna.

"Diharapkan mahasiswa pascasarjana memahami bagaimana menulis karya ilmiah, tidak hanya untuk sebagai syarat selesai kuliah, namun juga dapat menghasilkan karya yang dapat dipublikasikan untuk banyak orang," katanya, saat dibincangi usai membuka secara resmi pelatihan menulis artikel ilmiah dan tesis, di Aula Perpustakaan Universitas PGRI Palembang.

Ia menjelaskan, pelatihan sendiri selain bertujuan agar mahasiswa Pascasarjana memahami juga hal ini merupakan satu langkah Universitas PGRI Palembang agar setiap mahasiswa itu mampu membuat jurnal nasional bahkan internasional.

Karena berdasarkan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) bahwa mahasiswa khususnya Pascasarjana harus mampu membuat jurnal internasional, jadi pelatihan kali ini salah satunya yakni bertujuan agar mahasiswa itu mampu membuat jurnal hingga internasional.

"Jadi ini salah satu langkah kita, agar mahasiswa khususnya Pascasarjana agar mampu bersaing untuk jurnal internasional, disamping untuk melakukan percepatan mahasiswa Pascasarjana agar dalam kurun waktu 18 bulan sudah lulus," ujarnya.

Lebih lanjut Bukman juga mengatakan, pelatihan ini sebagai ajang pembekalan kepada mahasiswa dan memotivasi mereka agar rajin menulis sehingga mampu menghasilkan karya tulis ilmiah yang baik, benar, dan bernilai sesuai kaidah penulisan.

“Dalam pelatihan ini mahasiswa dilatih bagaimana menuangkan ide-ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan sebagai sebuah karya tulis ilmiah. Tadi juga saya minta kepada mahasiswa untuk membuat satu karya ilmiah, sementara untuk tesis mampu membuat proposal walaupun belum lengkap. Dengan ini saya ingin mahasiswa itu bukan hanya mendengarkan pemateri saja tetapi langsung diterapkan," ujarnya.

Bukman berharap, agar mahasiswa punya kemampuan dan pengalaman dalam hal karya tulis, serta bisa berkembang sehingga akan lahir penulis-penulis yang handal dimasa yang akan datang serta mampu bersaing ditingkat nasional hingga tingkat internasional.

Penulis: Siti Olisa
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved