Berita OKU Timur

Berita OKU Timur: Koramil 403-03 Martapura Bangun 35 Jamban Untuk Warga Miskin

Kodim 0403 OKU melalui Koramil 403-03 Martapura menyelenggarakan kegiatan karya bhakti TNI Tahun 2018 dengan sasaran pembuatan jamban

Berita OKU Timur: Koramil 403-03 Martapura Bangun 35 Jamban Untuk Warga Miskin
SRIPOKU.COM/EVAN HENDRA
Danramil dan anggota Koramil 403-03 Martapura saat menyerahkan jamban untuk warga miskin. 

Laporan wartawan Sripoku.com Evan Hendra

SRIPOKU.COM, MARTAPURA -- Kodim 0403 OKU melalui Koramil 403-03 Martapura menyelenggarakan kegiatan karya bhakti TNI Tahun 2018 dengan sasaran pembuatan jamban bagi keluarga yang kurang mampu di lima Kecamatan.

Adapun lima Kecamatan yang dibangun jamban masing-masing Martapura, BP Peliung, Bunga Mayang, Jayapura dan Madang Suku III.

Baca: Berita Palembang: Arena Sabung Ayam di Tengah Kuburan, Dirobohkan Anggota TNI-Polri

Total jamban yang dibangun sebanyak 35 jamban dan langsung diserahkan kepada warga setelah selesai disaksikan pemerintah setempat.

“Ini adalah program karya bhakti TNI. Pelaksanaannya dititikberatkan untuk mendukung program pemerintah yakni sejuta jamban yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ungkap Danramil Martapura Kapten Arm M Sodig Minggu (4/11/2018).

Baca: Berita Palembang: Usaha Jasa Pengamanan Perusahaan Kalah Bersaing dengan TNI-Polri

Menurutnya, pembangunan jamban tersebut dilakukan untuk membantu masyarakat yang selama ini masih memanfaatkan sungai maupun lubang-lubang dibelakang rumah untuk membuang air besar.

Dengan adanya program sejuta jamban tersebut kata dia, diharapkan kesadaran masyarakat akan hidup sehat semakin tinggi.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG, Ini Link Live Streaming OChannel PS TNI vs PSIS Semarang

“Kegiatan ini dikhususkan untuk masyarakat miskin yang belum memiliki jamban. Sanitasi lingkungan sangat penting, karena kesehatan sangat dipengaruhi kebersihan lingkungan dan menghindari masyarakat membuang air besar di sungai karena dapat mencemari lingkungan," katanya.

Dilanjutkan Sodig, tujuan karya bakti TNI dengan pembuatan jamban tersebut untuk membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekaligus memotivasi masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungan.

Baca: Berita OKU: Ribuan Personel TNI AD Bakal Kembali “Bertempur” di Puslatpur Martapura-Baturaja

Pembangunan jamban ini dilaksanakan secara gotong royong antara TNI dengan masyarakat.

"Kegiatan ini juga menjadi sarana TNI untuk mendekatkan diri dengan masyarakat sehingga kemanunggalan TNI-Rakyat akan tetap terjalin dengan baik sehingga menjadi kekuatan untuk menjaga Keutuhan NKRI," jelasnya. 

Penulis: Evan Hendra
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved