Berita Palembang

Berita Palembang: SP-PGN Mengajar, Kenalkan Konsep Ketahanan Energi kepada Siswa

Sebagai upaya memberikan sumbangsih bagi lingkungan khususnya di bidang pendidikan terkait pengelolaan sektor Gas Bumi di Indonesia

Berita Palembang: SP-PGN Mengajar, Kenalkan Konsep Ketahanan Energi kepada Siswa
SRIPOKU.COM/YULIANI
Suasana kegiatan SP-PGN Mengajar di gedung Amphiteathre SMAN Sumatera Selatan, Kamis (1/11/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Yuliani

SRIPOKU.COM, PALEMBANG-- Sebagai upaya memberikan sumbangsih bagi lingkungan khususnya di bidang pendidikan terkait pengelolaan sektor Gas Bumi di Indonesia, Serikat Pekerja Perusahaan Gas Negara Tbk. (SP-PGN) menginisiasi kegiatan SP Mengajar.

Pelaksanaan kegiatan SP-PGN Mengajar dilakukan di 4 sekolah pada 4 wilayah yang masing-masing mewakili Gas Distribution Management Regional (GDMR)/Gas Transmission Management (GTM) PT Perusahaan Gas Negara Tbk. yakni wilayah Medan, Surabaya, Palembang dan Jakarta.

Suasana kegiatan SP-PGN Mengajar di gedung Amphiteathre SMAN Sumatera Selatan, Kamis (1/11/2018).
Suasana kegiatan SP-PGN Mengajar di gedung Amphiteathre SMAN Sumatera Selatan, Kamis (1/11/2018). (SRIPOKU.COM/YULIANI)

Baca: Black Box Lion Air Jt 610 Ditemukan, Begini Kondisinya Sekarang, Harus Selalu Terendam Air

Baca: Terinspirasi Pejabat Sumatera Selatan, Begini Penampakan Mewah Rumah Mamah Dedeh, Bernuansa Emas

Untuk wilayah 4-GTM Palembang sendiri, SP-PGN Mengajar memilih SMAN Sumatera Selatan sebagai destinasi ketiga diadakannya kegiatan yang merupakan bagian dari program kerja SP Periode 2017-2020.

Dengan pertimbangan, pelajar pada level Sekolah Menengah Atas merupakan pelajar dengan keingintahuan awal yang luar biasa pada berbagai bidang termasuk isu-isu strategis di lingkungan yang mempunyai relevansi dengan peran generasi muda.

Ketua Bidang Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi SP-PGN, Sunanto mengatakan, kegiatan SP-PGN Mengajar ini bertujuan untuk mengenalkan konsep ketahanan energi dan seluk beluk gas bumi sebagai bahan bakar fosil ramah lingkungan. "Sehingga tumbuh kesadaran akan pemanfaatan dan pengelolaan gas bumi di Indonesia yang baik dan berkelanjutan," ujarnya, Kamis (1/11/2018).

Ia menambahkan, pelajar level Sekolah Menengah Atas akan memulai tahap pemilihan bidang dan penjurusan yang menjadi target di jenjang pendidikan tinggi sesuai minat dan bakat. Bersamaan dengan kegiatan ini, SP-PGN turut mengenalkan profesi-profesi pada sektor gas bumi kepada peserta yang hadir. "Hal ini merupakan kesempatan yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan para pelajar Sekolah Menengah Atas," ungkapnya.

Sementara itu Kepala SMAN Sumatera Selatan, M. Ridwan Aziz, M.Pd., menyampaikan rasa terima kasih kepada Serikat Pekerja PT Perusahaan Gas Negara, Tbk., karena telah memilih sekolah yang ia pimpin sebagai satu-satunya sekolah di Wilayah 4-GTM Palembang yang menjadi lokasi digelarnya kegiatan SP-PGN Mengajar ini. Ia pula berpesan kepada peserta didiknya agar mengikuti kegiatan dengan baik. “Simak dan dengarkan apa yang disampaikan. Agar ilmu yang diperoleh pada kesempatan yang amat baik ini menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kita semua," terangnya.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 12.00 di gedung Amphiteathre SMAN Sumatera Selatan ini berlangsung dengan meriah. Penampilan dari klub paduan suara serta persembahan tari kreasi siswi SMAN Sumatera Selatan menjadi penyemarak kegiatan tersebut.

Para siswa SMAN Sumatera Selatan yang terdiri dari kelas 10 dan XI pun turut menunjukkan semangat yang tinggi dengan aktif bertanya dan menjawab pertanyaan selama sesi presentasi yang disampaikan oleh beberapa pemateri yang didatangkan langsung dari Kantor Pusat PT Perusahaan Gas Negara, Tbk., di Jakarta.

Termasuk Pandu Dwi Nugraha, siswa kelas XI IPS, yang beberapa kali menjawab dan melemparkan pertanyaan tak mampu menyembunyikan rasa antusiasmenya. Sambil memamerkan beberapa doorprize yang ia peroleh dari sesi presentasi tadi, Pandu menyampaikan perasaan bahagianya.

“Senang sekali. Selain dapat memperluas wawasan kami mengenai gas bumi, kami juga berkesempatan mendapatkan hadiah hiburan yang menarik," terangnya. 

====

Penulis: Yuliani
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved