Berita Muaraenim

Puluhan Ton Buah Kelapa Sawit Milik Petani Terancam Membusuk di Pohon

Kelapa sawit petani ditolak pabrik kelapa sawit, ratusan hektar sawit nasyarakat terancam membusuk di batang.

Puluhan Ton Buah Kelapa Sawit Milik Petani Terancam Membusuk di Pohon
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Didi Gunadi, Direktur Perlindungan Perkebunan Dirjen Perkebunan RI

Laporan wartawan sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM---Penderitaan para petani Sawit semakin parah. Sudah harganya murah, kemudian ditolak oleh beberapa Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik perusahaan perkebunan kelapa sawit swasta yang beroperasi di Muaraenim.

Akibatnya ratusan hektar kebun sawit yang bisa menghasilkan puluhan ton buah sawit milik rakyat terancam membusuk.

"Harga kelapa sawit ditingkat petani tinggal Rp 600/kg. Sudah murah, ternyata ditolak lagi oleh PKS," tukas salah seorang petani Sawit Iin warga Ujan Mas Muaraenim, Rabu (31/10/2018).

Menurut Iin, selama ini, pihaknya dan petani lainnya, biasanya menjual kelapa sawitnya ke PKS milik PT Suryabumi Agrolanggeng dan PT Cifu.

Namun untuk PKS PT Suryabumi Agrolanggeng sudah dua bulan ini menolak membeli buah kelapa sawit milik petani, sedangkan PKS milik PT Cifu sudah dua minggu menolak membeli buah kelapa sawit milik petani.

Baca: Hendri Gandeng Sripo-Tribun Sumsel Gulirkan SSL Perebutkan Gubernur Sumsel Cup

Akibat mereka tidak membeli, otomotis para petani tidak bisa memanen sawit karena tidak ada pembeli dan membiarkannya membusuk di pohon.

"Daripada dipanen busuk dibawah pohon lebih rugi, sebab kita panen dan sebagainya keluar biaya. Jadi lebih baik dibiarkan saja, ruginya lebih sedikit," ujar Iin.

Dikatakan Iin, alasan mereka perusahaan PKS tersebut tidak membeli sawit petani, karena tangki Crude Palm Oil (CPO) pada PKS yang mereka miliki kondisinya masih penuh yang dihasilkan dari kebun sawit milik perusahaan itu sendiri.

Baca: Berita Palembang: Kapolda Sumsel Bentuk Tim Khusus Ungkap Sopir Taksol Hilang

Untuk itu, pihaknya meminta agar pemerintah segera mengambil sikap terhadap permasalahan ini, agar kondisi masyarakat petani kelapa sawit tidak semakin terpuruk.

Halaman
12
Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved