Berita Musirawas

Atasi Penyakit Tanaman Karet, Bupati Musirawas Canangan Gardal JAP

Bupati Musirawas, H Hendra Gunawan mencanangkan Gerakan Pengendalian Jamur Akar Putih (Gardal JAP) di Lapangan Desa Marga Tani

Atasi Penyakit Tanaman Karet, Bupati Musirawas Canangan Gardal JAP
Dok Kominfo Musirawas
Bupati Musirawas, H Hendra Gunawan mencanangkan Gerakan Pengendalian Jamur Akar Putih (Gardal JAP) di Lapangan Desa Marga Tani Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musirawas, Selasa (30/10/2018). 

Atasi Penyakit Tanaman Karet, Bupati Musirawas Canangan Gardal JAP

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS - Bupati Musirawas, H Hendra Gunawan mencanangkan Gerakan Pengendalian Jamur Akar Putih (Gardal JAP) di Lapangan Desa Marga Tani Kecamatan Jayaloka Kabupaten Musirawas, Selasa (30/10/2018).

Pencanangan ditandai dengan melakukan aplikasi fungisida pada tanaman karet yang terserang penyakit JAP (Aplikasi APH) dan penyerahan bantuan kepada kelompok tani.

Pencanangan Gardal JAP ini dilakukan bersama Direktur Perlindungan Tanaman Kementerian Pertanian, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel dan Kabupaten Musirawas serta delapan kelompok tani yang tersebar di tiga kecamatan diwilayah Kabupaten Musirawas.

Diharapkan, dengan gerakan ini dapat menekan penyakit tanaman karet yang menyebabkan produktifitas karet menurun bahkan menyebabkan kematian pada tanaman karet.

Dirjen Perlindungan Tanaman Kementerian Pertanian melalui Kasubid Pengendalian OPT Ir Arsiah, MSc mengungkapkan, gerakan ini merupakan salah satu upaya pemerintah pusat melalui kementerian perkebunan bersama seluruh pihak untuk membantu petani karet mengendalikan organisme pengganggu tanaman (Aplikasi OPT) melalui gerakan massal pada pusat-pusat serangan OPT sehingga tidak meluas pada area tanaman lainnya.

Dikatakan, khusus di Propinsi Sumsel, gerakan ini dimulai dari Kabupaten Musirawas dengan menargetkan 200 hektar lahan karet yang tersebar dikelola oleh delapan kelompok tani di tiga kecamatan di Kabupaten Musirawas yaitu Kecamatan Jayaloka, Muara Lakitan dan Tuah Negeri.

Dijelaskan, jamur akar putih atau Rigidoporus lignosus merupakan penyakit yang menyerang pada tanaman karet dN menjadi momok menakutkan bagi petani karet.

Penyakit ini jika terus dibiarkan akan berakibat fatal pada perkembangan tanaman karet di sekitarnya, untuk itu sebelum penyebaran penyakit ini meluas harus dilakukan gerakan pengendalian missal secara bersama-sama.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved