Kualitas SDM

Karyawan, Salah Satu Asset Berharga Perusahaan

organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaannya misi tersebut dikelola oleh manusia.

Karyawan, Salah Satu Asset Berharga Perusahaan
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Training bagi ratusan karyawan/Ilustrasi (SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI

Karyawan, Salah Satu Asset Berharga Perusahaan

Oleh : Djailani Arifin Putra

People Development Spesialist

Sumber daya manusia (SDM) adalah faktor sentral dalam satu organisasi.

Apapun bentuk serta tujuannya, organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaannya misi tersebut dikelola oleh manusia.

SDM ini jika diukur dengan faktor pekerjaan itu sendiri akan berbanding lurus yang artinya semakin baik SDM-nya maka pekerjaan itu akan semakin effektif.

Training motivasi/Ilustrasi .
Training motivasi/Ilustrasi . (SRIPOKU.COM/ZAINAL FILIANG)

Mengingat pentingnya SDM dalam organisasi atau perusahaan maka sudah selayaknya SDM itu diberdayakan dan dikembangkan sesuai dengan kompetensi-kompetensi yang dipersyaratkan di dalam pekerjaan tersebut. Ada anggapan yang sering kita dengar di dalam bisnis maupun dunia usaha : "Jika ingin perusahaan besar, maju dan berkembang, maka kunci keberhasilannya (the key of success) adalah PINTARKANLAH karyawannya atau dengan kata lain jadikan karyawan tersebut menjadi kompeten".

Ini bermakna bahwa proses peningkatan kemampuan dan pengetahuan karyawan harus dilakukan bila ingin hasil kerja mereka memuaskan dan memenuhi target perusahaan yang telah ditetapkan.

Pengembangan SDM merupakan suatu usaha untuk memperbaiki pekerjaan yang sekarang maupun yang akan datang, dengan memberikan informasi, mempengaruhi sikap.

Dengan kata lain pengembangan adalah setiap kegiatan yang dimaksudkan untuk mengubah perilaku yang terdiri dari pengetahuan, kecakapan dan sikap (Moekijat 1982 ; 8 ).

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved