Berita OKU Selatan

Berita OKU Selatan: Harga Bawang Merah dan Bawang Putih di Meroket

Lonjakan harga bawang merah dan bawang putih kembali terjadi di pasar Tradisional Saka Selabung Kecamatan Muaradua, OKUS

Berita OKU Selatan: Harga Bawang Merah dan Bawang Putih di Meroket
SRIPOKU.COM/ALAN NOPRIANSYAH
Baenah, salah seorang pedagang bawang putih di Pasar Tradisional Saka Selabung Kecamatan Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, melayani pembeli, Jumat (19/10/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Alan Nopriansyah

Berita OKU Selatan: Harga Bawang Merah dan Bawang Putih di Meroket

SRIPOKU.COM, MUARADUA - Lonjakan harga bawang merah dan bawang putih kembali terjadi di pasar Tradisional Saka Selabung Kecamatan Muaradua Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Jumat (19/10/2018).

Pantauan Sripoku.com di lapangan, harga bawang yang semula berada di kisaran Rp 18 ribu per kilogramnya kini mencapai Rp 25 ribu per kilogram.

Diungkapkan salah satu pedagang, Baenah, lonjakan harga ini sudah berlangsung sejak sepekan lalu yang berdampak dengan sepinya pembeli.

"Semula semula seharga Rp 15 ribu sampai Rp 18 ribu rupiah namun saat ini perkilo kini meroket menjadi Rp 25 ribu," ujarnya.

Tidak hanya itu dampak dari melonjaknya harga bawang membuat peminat kebutuhan bumbu memasak IRT itu menjadi berkurang sehingga berdampak pada menurunnya daya belu konsumen.

"Sepi sekarang mas, daya beli konsumen sangat menurun terkhusus untuk peminat bawang merah dan bawang putih," ujar pedagang lainnya, Meri.

Sementara salah seorang pembeli Arini mengatakan terpaksa mengurangi belanja bawang karena harga yang naik.

"Biasanya beli setengah kilogram untuk beberapa hari kedepan, namun karena harga yang mengalami lonjakan drastis terpaksa membeli seperempat atau Rp 5 ribu saja," jelasnya.

Diketahui sejauh bahan pokok yang mengalami kenaikan dari pantauan Sripoku.com tercatat hanya harga bawang.

Sementara untuk bahan pokok lainnya seperti beras, cabai dan juga telor masih dalam kondisi yang stabil.

Penulis: Alan Nopriansyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved