Berita Palembang

Berita Palembang: Mewujudkan Industri Kecil Menengah (IKM) sebagai Pilar Ekonomi

Perkembangan Industri Kecil Menengah (IKM) menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia dalam menghadapi tantangan ekonomi global.

Berita Palembang: Mewujudkan Industri Kecil Menengah (IKM) sebagai Pilar Ekonomi
SRIPOKU.COM/RANGGA ERFIZAL
Acara FGD yang dilakukan Kementerian Perindustrian di Grand Atyasa Convention Center Palembang, Kamis (18/10/2018), membahas mengenai tema pengembangan IKM. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rangga Erfizal

Berita Palembang: Mewujudkan Industri Kecil Menengah (IKM) sebagai Pilar Ekonomi

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Perkembangan Industri Kecil Menengah (IKM) menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia dalam menghadapi tantangan ekonomi global.

IKM dianggap memiliki peranan strategis dalam perekonomian Nasional dalam mewujudkan ekonomi yang tangguh dan maju bercirikan ekonomi kerakyatan.

Hal inilah yang dilakukan Kementrian Perindustrian pada acara Fokus Group Discussion (FGD) dalam rangka pengembangan industri kecil dan menengah, Kamis (18/10/2018), di Grand Atyasa Convention Center Palembang.

Acara yang dihadiri langsung oleh para pelaku usaha IKM, Kepala Dinas Perindustrian Kota Palembang dan Perwakilan Kementerian Perindustrian tersebut berlangsung membahas mengenai keterkaitan produksi hulu hingga hilir dalam rangka pengembangan IKM.

Maspirin Kepala Dinas Perindustrian Kota Palembang mengatakan, kegiatan FGD tersebut, menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mengupayakan kemajuan Industri Kecil Menengah di Kota Palembang.

"Dengan adanya FGD kali ini diharapkan para pelaku usaha dapat mendapatkan pengetahuan bagaimana menghadapi tantangan perindustrian dan bertujuan meningkatkan industri kecil menengah," ujarnya kepada Sripoku.com saat ditemui di sela-sela acara.

Dikatakan, berbagai informasi yang dibutuhkan oleh IKM diberikan dalam diskusi tersebut.

Harapannya para IKM dapat berkembang dari usaha Kecil dapat menjadi usaha menengah.

Acara FGD yang dilakukan Kementerian Perindustrian di Grand Atyasa Convention Center Palembang, Kamis (18/10/2018), membahas mengenai tema pengembangan IKM.
Acara FGD yang dilakukan Kementerian Perindustrian di Grand Atyasa Convention Center Palembang, Kamis (18/10/2018), membahas mengenai tema pengembangan IKM. (SRIPOKU.COM/RANGGA ERFIZAL)

"Kita memberikan pendidikan, mengenai bagaimana mengurus izin, restrukturisasi mesin, sistem Halal, SNI, E-Smart bahkan memberikan solusi bagaimana meningkatkan kemampuan IKM. Kita juga memberikan pelatihan agar bisa setiap usaha meningkat dari kecil ke menengah tentunya, selain meningkatkan penghasilan mereka, juga meningkatkan ekonomi negara," ujarnya.

Sementara Walikota Palembang Harnojoyo melalui Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintah, Sosial, Masyarakat mengungkapkan dukungannya terhadap upaya memajukan IKM oleh Kementerian Perindustrian.

"Dengan adanya upaya Kementerian dalam mendukung IKM akan meningkatkan Industri kecil menengah, memperkuat kemampuan produksi, dan meningkatkan daya saing," tutupnya.

Penulis: Rangga Erfizal
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved