Buat Kendaraan Anda Menawan, Salah Satunya Ganti Lampu Mobil Standar

Dengan kekuatan intensitas cahaya yang dimiliki, lampu halogen biasanya dipakai untuk mobil dengan daya jelajah luas

Buat Kendaraan Anda Menawan, Salah Satunya Ganti Lampu Mobil Standar
Internet
ILUSTRASI - Lampu Mobil 

SRIPOKU.COM – Ada beragam cara untuk membuat mobil Anda menawan. Salah satu cara sederhana, misalnya dengan mengganti lampu standar dengan lampu yang tersedia di pasaran.

Melansir GridOto.com, Rabu (4/10/2017), terdapat setidaknya tiga jenis lampu yang bisa dipakai untuk mempercantik mobil, yaitu halogen, HID (high intensity discharge), serta LED (light emitting diode).

Berikut karakteristik dari masing-masing lampu tersebut:

1. Halogen
Lampu halogen merupakan salah satu jenis lampu favorit untuk suatu mobil. Lampu itu berisi filamen atau kawat pijar, serta dapat beroperasi pada suhu tinggi.

Dengan kekuatan intensitas cahaya yang dimiliki, lampu halogen biasanya dipakai untuk mobil dengan daya jelajah luas.

Hanya sayangnya, lampu dengan harga relatif terjangkau itu membutuhkan daya listrik besar sehingga dapat menguras aki.

Nah, kalau Anda menggunakan lampu halogen sebagai penerangan di mobil, ingatlah untuk tidak memegangnya pada bagian kaca bohlam.

Sebab, kaca bohlam halogen dapat terpapar bekas minyak yang membuat suhunya lebih dingin. Efek lanjutannya adalah pancaran lampu halogen bakal menurun.

Karena itulah, pastikan Anda selalu menggunakan alat bantu seperti kain lembut atau tisu ketika memasang lampu halogen. Kalau pun mesti memakai tangan, peganglah sisi pangkalnya.

2. HID
Lampu jenis HID (high intensity discharge) telah hadir di pasaran sejak era 1990-an. Sumber cahaya bohlam HID berasal dari gas xenon. Gas tersebut akan menyala ketika dialiri listrik, sama halnya dengan lampu neon.

Halaman
12
Editor: Adrian Yunus
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved