Berita Musi Rawas

Musirawas Dapat Bantuan Tiga Unit Microbus Dari Kemendes PDT Transmigrasi

Pemkab Musirawas melalui Dinas Perhubungan mendapatkan bantuan tiga unit microbus dari Kementerian Desa (Kemendes) PDT dan Transmigrasi.

Musirawas Dapat Bantuan Tiga Unit Microbus Dari Kemendes PDT Transmigrasi
SRIPOKU.COM/AHMAD FAROZI
Pemkab Musirawas melalui Dinas Perhubungan mendapatkan bantuan tiga unit microbus dari Kementerian Desa (Kemendes) Transmigrasi PDT. Bantuan kendaraan tersebut bersumber dari DAK afirmasi bidang transportasi tahun 2018. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ahmad Farozi

SRIPOKU.COM, MUSIRAWAS -- Pemkab Musirawas melalui Dinas Perhubungan mendapatkan bantuan tiga unit microbus dari Kementerian Desa (Kemendes) PDT dan Transmigrasi. 

Bantuan kendaraan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmasi bidang transportasi tahun 2018.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Musirawas Adi Winata menjelaskan, tiga unit microbus merek Isuzu Elf itu sudah ada, namun secara resmi belum diserahkan.

Baca: Rencana Berangkat Ke Belgia Firza Andika Terancam Batal, Manajemen PSMS Medan Belum Beri Izin

"Secara resmi belum dibagikan, nanti akan dibagikan setelah seluruh persyaratan lengkap. Terutama mengenai mobil dibagikan dalam kondisi plat kuning, sesuai juknis kementerian dihibahkan dalam kondisi plat kuning. Sekarang sedang urus mutasinya ke plat kuning," kata Adi Winata kepada Sripoku.com, Senin (15/10/2018).

Dikatakan, tiga unit microbus tersebut akan diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di tiga kecamatan.

Yaitu BUMDes Desa Karang Panggung Kecamatan Selangit, BUMDes Desa Marga Baru Kecamatan Muara Lakitan dan BUMDes Desa Giriyoso Kecamatan Jayaloka. Penyerahannya nanti akan dilalukan langsung oleh Bupati Musirawas H Hendra Gunawan.

Baca: Berita Lahat : Ditabrak Mobil & Alami Luka Serius, Pria Ini Juga Harus Rela Kehilangan Anaknya

"Pertimbangan tiga desa tersebut, karena lokasinya jauh. Pertimbangan lain, BUMDes di desa tersebut sudah mempunyai bidang usaha produktif, sehingga kendaraan ini bisa digunakan untuk mobilisasi bidang usaha BUMDes," kata Adi Winata.

Selain itu, microbus bantuan yang memiliki 16 sheet ini juga bisa dimanfaatkan untuk menambah income BUMDes.

Misalnya, bisa disewakan kepada instansi atau lembaga tertentu yang memerlukannya. "Misal pemda atau desa lain mau pakai bisa juga sewa, misal ada lomba posyandu tingkat propinsi, bisa sewa dan hasilnya bisa untuk pemasukan kas BUMDes. Bisa juga dimanfaatkan untuk angkutan umum yang pengelolaannya melalui BUMDes," ujarnya.

Baca: Liga Mahasiswa (LIMA) Resmi Bergulir, Incar Bibit Futsal Potensial Dari Mahasiswa Sumatera

Disebutkan, selain mendapatkan bantuan tiga unit microbus yang akan dihibahkan kepada BUMDes di tiga desa tersebut, pada tahun 2018 ini, pihaknya juga mendapatkan bantuan 17 unit pikup. Sementara pada tahun sebelumnya, sudah ada bantuan kendaraan pikup sebanyak 13 unit.

"Untuk tahun 2019, nanti kita usulkan lagi ada penambahan. Mudah-mudahan di tahun 2019, kita dapat bantuan lagi," katanya.

Penulis: Ahmad Farozi
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved