Contempt of Court

Masyarakat Pemicu Contempt of Court

Saling menghargai dan etika yang baik masyarakat terhadap wibawa dan integritas pengadilan merupakan masalah besar saat ini.

Masyarakat Pemicu Contempt of Court
ist
Mutiara Rahmadiani

Masyarakat Pemicu Contempt of Court
Oleh : Mutiara Rahmadiani
Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya

Menurunnya rasa saling menghargai dan etika yang baik oleh masyarakat terhadap wibawa dan integritas pengadilan merupakan masalah besar pada saat ini.

Dimana banyak sekali terjadi kericuhan yang dilakukan masyarakat yang merasa ada ketidakadilan yang seharusnya didapatkan malah begitu saja terlewatkan.

Padahal, sebagai salah satu aktor di pengadilan, masyarakat harus mentaati peraturan yang ada, sehingga proses persidangan pun dapat dijalankan dengan aman dan nyaman.

Namun hal tersebut seakan hanya keinginan semata karena terbukti dari banyaknya kejadian yang menunjukkan bahwa masyarakat melakukan kegaduhan atau kericuhan di ruang sidang maupun di lingkungan pengadilan.

Salah satu contoh kasusnya terjadi di Pengadilan Negeri Lubuklinggau.

Pihak korban melakukan kericuhan setelah usainya putusan dibacakan oleh Majelis Hakim.

Bukan hanya kericuhan di dalam ruang sidang, malah sampai di lingkungan pengadilan mereka membuat kericuhan.

Hal ini dilakukan agar pendapat mereka dapat dipertimbangkan oleh hakim, alasan apa sehingga salah satu tersangka dijatuhi hukuman bebas.

Selain itu ada juga kasus kericuhan di Pengadilan Negeri Sidoarjo --salah satu pihaknya membuat kericuhan hingga pengerusakan fasilitas yang ada dalam ruang sidang.

Halaman
1234
Editor: Salman Rasyidin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved