Berita Empatlawang

Berita Empatlawang: 34 Orang di Empatlawang Alami Katarak. Dinkes Berharap Ada Bakti Sosial

Sebanyak 34 orang warga di Kabupaten Empatlawang terdata di Dinas Kesehatan pada 2018 menderita katarak.

Berita Empatlawang: 34 Orang di Empatlawang Alami Katarak. Dinkes Berharap Ada Bakti Sosial
SRIPOKU.COM/AWIJAYA
Kepala Dinas Kesehatan Empatlawang, Sahrial Podril 

Laporan wartawan sripoku.com,Awijaya

SRIPOKU. COM, EMPATLAWANG-- Sebanyak 34 orang warga di Kabupaten Empatlawang terdata di Dinas Kesehatan pada 2018 menderita katarak.

Kepala Dinas Kesehatan Empatlawang, Syahrial Podril mengatakan data dari Puskesmas sejak Januari hingga September 2018.

"Berdasarkan laporan peskesmas yang kami terima sejak Januari hingga September 2018, penderita penyakit katarak di Kabupaten Empatlawang berjumlah 34 orang penderita, yaitu 7 orang diantaranya pria dan 27 orang Perempuan. Ini salah satu penyakit tidak menular, " kata Syahrial, Jum'at (12/10/2018).

Baca: Sukses Asian Games 2018, Herman Deru: Kita Layak Berterimakasih kepada Gubernur Sebelumnya

Menurut Sahrial, untuk Kabupaten Empatlawang ada tiga kecamatan yang paling banyak masyarakatnya menderita penyakit katarak dan salah satunya Kecamatan Tebingtinggi ada 16 orang penderita.

Didesa padang tepong Kecamatan Ulu Musi ada 11 penderita serta juga ada 7 penderita di desa Lesung Batu Kecamatan Lintangkanan.

Ia juga menjelaskan, untuk 2018 ini, Dinas Kesehatan sudah memiliki Program yang memudahkan pelaporan data dari Puskesmas untuk mengetahui gambaran.

Baca: Restorasi Sungai Sekanak Bakal Ada 13 Jembatan di Palembang Dirombak

"Mudah - mudahan kedepan melalui program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) akan tergambar semua, apa-apa saja penyakit yang ada di Kabupaten Empatlawang. Karena petugas Puskesmas langsung turun ke lapangan melakukan pendataan dan sudah dimulai sejak Februari 2018, data tersebut sudah kita terima setiap bulannya dan diteruskan ke provinsi."tuturnya

Sahrial juga mengatakan, kabupaten Empatlawang pernah mendapat bantuan program operasi Katarak dari salah satu perusahaan dan semua yang diusulkan oleh Dinas Kesehatan sudah sukses menjalani operasi.

"Kita pernah memfasilitasi Bantuan Bakti Sosial pada tahun 2012, dari Sidomuncul , 128 orang penderita katarak yang ada di Kabupaten Empatlawang dioperasi secara bertahap dengan mendatangkan dokter dari Rumah Sakit Mata Kota Palembang dan hasilnya semua penderita sukses dioperasi."ujarnya. (cr27)

Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved