Bisnis Wisata

Berita Palembang: Pengusaha Tour and Travel Mengeluh, Konsumen Batalkan Paket Wisata

Penguatan nilai tukar dolar AS terhadap Rupiah yang menyentuh level Rp 15.253 berdampak langsung pada bisnis tour and travel.

Berita Palembang: Pengusaha Tour and Travel Mengeluh, Konsumen Batalkan Paket Wisata
SRIPOKU.COM/SYAHRUL HIDAYAT
Carmeta Travel Fair di Palembang Indah Mall 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Penguatan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang Rupiah yang menyentuh  level Rp15.253 berdampak langsung pada bisnis tour and travel.

Pembatalan pemesanan hingga perubahan kenaikan harga tiket penerbangan pun dikeluhkan oleh pengusaha bisnis jasa tersebut.

"Sangat berdampak sekali terutama kita yang bayarnya pakai Rupiah. Bayangkan saja harga tiket Garuda biasa Rp13,6 juta kini menjadi Rp14,3 juta," ujar Owner Sako Holidays Emir Faisal, Kamis (11/10/2018).

Selain itu, Emir juga mengatakan harus membayar visa selama di negara tujuan berlibur dan biaya operasional menggunakan mata uang Negeri Paman Sam.

"Ada beberapa konsumen yang membatalkan tur. Biasanya untuk tujuan Thailand, Tiongkok, Hongkong, Korea dan negara Eropa seperti Turki. Tapi untuk umroh tetap jadi berangakat karena tujuannya untuk ibadah," jelasnya.

Dia menambahkan perubahan harga paket wisata pun dapat mencapai hingga 10 persen dari sebelum rupiah terpuruk.

Contohnya saja harga paket liburan ke Thailand yang pada biasanya ditawarkan dengan harga Rp 4,5 juta kini naik menjadi Rp 6,5 juta.

Meski demikian, untuk menjaring konsumen agar tetap membeli paket perjalanan ke tanah suci dia menawarkan potongan harga mulai dari Rp500.000 hingga Rp1 juta.

"Untuk paket wisata regular  kami tidak ada program promo. Akan tetapi untuk umroh kami memberikan diskon bagi yg mendaftar oktober ini, terangnya.

Baca: Berita Muaraenim : Bupati Muaraenim Berikan Gaji Pertamanya Untuk Korban Kebakaran

General Manager Carmeta Tour and Travel Fair Heri Tihadius mengatakan tercatat telah ada pembatalan sejumlah paket wisata ke negara tujuan di wilayah benua Eropa.

Halaman
123
Penulis: Jati Purwanti
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help