Jarang Membersihkan Rambut, Berisiko Ketombean, Kamu Salah Satunya?

Setiap sel kulit akan mati dan berganti dengan sel kulit yang baru, termasuk pada kulit kepala. Sayangnya, pertumbuhan sel kulit

Jarang Membersihkan Rambut, Berisiko Ketombean, Kamu Salah Satunya?
Rambut Berketombe 

SRIPOKU.COM - Ketombe sepertinya jadi keluhan umum banyak orang. Serpihan putih yang mengotori rambut dan sering jatuh ke bahu ini, tentu membuat seseorang jadi minder.

Sebenarnya, siapa saja yang berisiko dengan rambut berketombe? Apakah kamu salah satunya yang rentan dengan kondisi ini? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Setiap sel kulit akan mati dan berganti dengan sel kulit yang baru, termasuk pada kulit kepala. Sayangnya, pertumbuhan sel kulit terjadi lebih cepat, menumpuk di sela-sela rambut, dan membentuk serpihan yang disebut ketombe.

Pertumbuhan sel kulit kepala yang abnormal tersebut salah satunya dapat disebabkan oleh jamur Pityrosporum orbiculare. Jamur ini memang ada pada rambut setiap orang, namun bisa tumbuh tanpa kendali dan menyebabkan rambut berketombe.

Baca juga: 5 Hal Tak Terduga Penyebab Ketombe

Walaupun umum terjadi, ketombean biasanya sangat rentan terjadi pada orang-orang seperti berikut ini:

1. Sensitif dengan jamur

Pada tubuh kita ada bakteri dan jamur yang menempel, hanya saja jumlahnya tidak banyak sehingga tidak mengganggu kesehatan.

Sayangnya, ada beberapa orang yang sensitif dengan jamur dan juga memiliki kondisi kulit kepala yang berminyak. Kondisi tersebut membuat jamur tumbuh subur sehingga rentan dengan masalah ketombe pada rambut.

2. Jarang membersihkan rambut

Halaman
12
Editor: Adrian Yunus
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved