Berita Pagaralam

Berita Pagaralam : Tingkatkan Layanan, RSUD Besemah Gandeng Sejumlah Asuransi

Untuk memperluas pelayanan kesehatan masyarakat, Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Besemah melakukan MoU dengan sejumlah jasa asuransi.

Berita Pagaralam : Tingkatkan Layanan, RSUD Besemah Gandeng Sejumlah Asuransi
https://www.tokopedia.com/
Ilustrasi Asuransi Kesehatan. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM -- Untuk memperluas pelayanan kesehatan masyarakat, Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) Besemah melakukan MoU dengan sejumlah jasa asuransi.

Direktur RSUD Besemah Kota Pagaralam, dr Dian Netha Ingriany, melalui Kabid Rekam Medik dan Program Diklat, Rahayu Darmaheni mengaku sejauh ini memang sudah terjalin kerjasama dengan beberapa jasa asuransi.

Hal ini untuk mengkaver pelayanan kesehatan bagi pasien umum. Dalam hal ini mereka sudah menjadi peserta asuransi seperti BNI Life proses, BPJS ketenagakerjaan, Prudential, Jasa Raharja Bumi Putra.

Baca: Berita Palembang : Pengadilan Agama Kelas 1A Palembang Kekurangan Regenerasi Hakim Muda

"Memang sudah ada 11 asuransi yang sudah kerjasama dengan kita. Kerjasamanya juga sudah cukup lama namun masih ada dalam proses teken kerjasama dengan RSUD Besemah," katanya.

Dijelaskannya untuk kontrak kerjasama setiap tahun harus dibuat MoUn baru. Untuk itu setiap tahun tidak semua asuransi melakukan kontrak kerjasama.

Pasalnya ada beberapa pasien tidak dilayani karena persoalan kerjasamanya dari pihak asuransi itu sendiri.

Baca: Baru Diumumkan, Jokowi Minta PT Pertamina Menunda Kenaikkan Harga BBM Jenis Premium

"Seperti Jasa Raharja, In Healt, Prudential, BNI Life, Aksa Mandri, Jiwa Seraya, Alianze, Care Life Insurance, Manulife, BPJS Ketenagakerjaan, dan Astra life," jelasnya.

Sistem pembayaran berobatnya diberlakukan sistem klaim. Di mana pihak rumah sakit menagih ke pihak penyelenggara asuranasi dan re-invest.

"Cara ini dimaksudkan peserta asuransi yang sudah jalin MoU (kerjasama) membayar langsung ke pihak rumah sakit, selanjutnya yang bersangkutan meminta melalui pengajuan pergantian kepada pihak penyelenggara asuransi," ujarnya.

Baca: Berita Lahat: Perangi Kaki Gajah, Warga Lahat Lakukan PMOM Secara Massal

Mengenai persoalan klaim bagi peserta asuransi di luar peserta BPJS sejauh pihak RSUD mengajukan klaim tagihan kepada pihak perbankan (bank) yang bersangkutan.

Sedangkan kerjasama dengan peserta yang tergabung dengan in healt, tahun ini belum ada kejelasan MoUnya.

"Bagi peserta pengguna kartu In Healt untuk bisa menanyakan secara langsung kepada pihak kantor perwakilan In Healt apakah ada kerjasama dengan kita," tegasnya.

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help