AHM Oil, Oli Asli Sepeda Motor Honda. Ini Akibatnya Gonta-ganti Jenis Oli

Kerusakan pada sparepart motor biasanya pasti akan terdapat tanda terlebih dahulu kecuali jika terjadi hal-hal yang menyimpang misalnya kecelakaan.

AHM Oil, Oli Asli Sepeda Motor Honda. Ini Akibatnya Gonta-ganti Jenis Oli
SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZ
Model dan Tim memamerkan jenis AHM Oil. 

 Laporan wartawan Sripoku.com, Abdul Hafiz

SRIPOKU.COM, PALEMBANG --- Hampir semua pengguna sepeda motor pasti ingin mengendarai motornya untuk jangka panjang. Untuk itu sebagai pemilik sepeda motor harus memperhatikan perawatan mesin karena kondisi mesin sepeda motor tergantung dari pemeliharaan dan kebiasaan pemiliknya dalam mengendarai.

Jadi gak ada salahnya kalau kita cermati tips dan trik tentang merawat mesin sepeda motor. Pelumas atau oli adalah bahan penting bagi kendaraan bermotor.

Memilih dan menggunakan pelumas yang baik dan benar untuk kendaraan bermotor milik kita merupakan langkah tepat untuk merawat mesin dan peralatan kendaraan agar tidak cepat rusak dan mencegah pemborosan. Umumnya orang beranggapan bahwa fungsi utama oli hanyalah sebagai pelumas mesin.

Kerusakan pada sparepart motor biasanya pasti akan terdapat tanda-tanda terlebih dahulu kecuali jika terjadi hal-hal yang menyimpang misalnya kecelakaan.

Untuk mengantisipasinya maka sangat penting memperhatikan apabila ada gejala yang tidak normal/tidak seperti biasanya pada sepeda motor kita. Sikap demikian akan membantu dan memudahkan kita untuk mendeteksi kerusakan lebih dini.

"Hal yang harus kita perhatikan saat mengganti oli motor adalah jangan sering menggonta-ganti merk oli dengan terutama tidak memperhatikan tingkat kebersihan pada saat mengganti (sisa pelumas lama tersisa) karena dapat menyebabkan kerusakan.

Buat kita yang menggunakan motor Honda sebagai alat transportasi maka sebaiknya gunakan pelumas atau oli asli motor Honda," ungkap Rinaldi selaku Part Manager Astra Motor Sumsel, Senin (8/10/2018).

Adapun jenis-jenis AHM Oil yang saat ini bisa didapatkan di AHASS ataupun toko sparepart diantaranya SPX1, SPX2, MPX1, MPX2, serta yang paling terakhir diperkenalkan MPX3.

Tipe SPX1 & MPX1 digunakan untuk motor tipe bebek (misal : Honda Supra X 125, Honda Absolute Revo, dan Honda Blade), sedangkan untuk pengguna motor tipe matik (misal : Honda Scoopy, Honda Vario dan Honda Beat dianjurkan untuk menggunakan tipe SPX2 & MPX2.

Semua tipe baik SPX1, SPX2, MPX1 dan MPX2 mempunyai tingkat kekentalan oli (viscositas) 10W-30, hanya MPX3 saja yang memiliki tingkat kekentalan tinggi atau high viscosity 20W-40 yang dapat digunakan untuk jenis motor bebek dan sport (Honda Astrea Legenda, Honda Kirana dan Honda Tiger).

“AHM Oil MPX 3 ini merupakan salah satu bentuk semangat Satu Hati Honda untuk menjawab kebutuhan konsumen terhadap oli dengan tingkat kekentalan tinggi atau high viscosity. Kami mempersembahkan jajaran produk AHM Oil untuk menemani dan memberikan pilihan perawatan sepeda motor Honda yang maksimal bagi seluruh konsumen Indonesia yang telah memilih sepeda motor Honda selama ini," kata Rinaldi.

Menurut Rinaldi, banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh oli asli yang diproduksi AHM ini, antara lain; Kinerjanya yang maksimal hingga dapat melumasi bagian mesin yang celahnya sangat sempit, yang berguna untuk menjaga kestabilan gesekan antar komponen di dalam mesin supaya performa mesin tetap dalam kondisi terbaik. Menggunakan oli asli motor Honda juga dapat berdampak motor lebih irit penggunaan bahan bakar dan menghemat biaya perawatan.

"Pastikan selalu menggunakan oli motor Honda yang asli agar mesin motor kita tetap dalam kondisi terbaiknya," pungkasnya. (Abdul Hafiz)

Penulis: Abdul Hafiz
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved