Berita Muaraenim

Berita Muaraenim: Jadi Korban Begal, Hendra Diam-diam Foto Pelakunya & Segera Diamankan Petugas

Upaya karyawan PT Abu Rahmi, Kabupaten Pali, Hendra (27) warga Desa Pengabuan Timur, Kecamatan Abab, Kabupaten PALI, membuahkan hasil.

Berita Muaraenim: Jadi Korban Begal, Hendra Diam-diam Foto Pelakunya & Segera Diamankan Petugas
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Tersangka Hendri saat diamankan dan motor sebagai barang bukti. 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM-- Upaya karyawan PT Abu Rahmi, Kabupaten Pali, Hendra (27) warga Desa Pengabuan Timur, Kecamatan Abab, Kabupaten PALI, membuahkan hasil.

Dengan berbekal foto hasil jepretannya, polisi berhasil mengungkap dan menangkap pelaku begal Hendri alias Sopon (25) warga Desa Betung, Kecamatan Abab, Kabupaten PALI. Sedangkan teman pelaku Arman masih dalam pengejaran, Minggu (7/10/2018).

Dari informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, bahwa kejadian Pencurian dengan Kekerasan (Curas) tersebut terjadi pada Jumat, 20 Juli 2018 sekitar jam 13.30 di Simpang Tiga Desa Betung, Kecamatan Abab, Kabupaten PALI.

Pada saat itu, pelaku Hendri bersama dengan pelaku Arman (DPO) mengendarai motor Honda CBR mengikuti motor korban. Setelah dekat, modus pelaku menyerempetkan motornya ke motor korban dan meminta korban memberhentikan laju kendaraannya sambil mengatakan bahwa motor korban adalah miilik motor bosnya yang hilang beberapa waktu yang lalu.

Kemudian kedua pelaku, sambil marah-marah dan mengancam korban akan dipukul, sehingga korban ketakutan dan pasrah menyerahkan sepeda motor tersebut kepada pelaku. Namun korban tidak kehabisan akal, ketika kedua pelaku sedang berusaha membawa sepeda motornya, korban diam-diam mengambil gambar wajah kedua pelaku melalui HPnya.

Akibat kejadian tersebut korban dirugikan sekitar Rp 30 juta, dan langsung melaporkan kejadian tersebut ke perusahaan dan Polsek Penukal Abab. Setelah mendapatkan laporan, anggota  Polsek Penukal Abab dengan berbekal foto dan keterangan korban, langsung melakukan penyelidikan dan pengejaran.

Baca: Lini Belakang Dinilai Moncer, Tapi Subangkit Enggan Patenkan Pakem Sriwijaya FC

Baca: Berita Palembang: Belum Ada Tambahan Helikopter, BNPB Fokus Bantu Korban Bencana Gempa

Baca: Berita Muaraenim: Terlindas Mobil Trailer, Pelajar SMK Tewas Mengenaskan di TKP

Namun sekitar satu bulan kemudian, diam-diam pelaku Arman sempat mengembalikan motor hasil curiannya ke PT Abu Rahmi dan setelah itu langsung pergi menghilang. Atas informasi saksi-saksi, petugas di bawah pimpinan Kanit Reskrim Polsek Penukal Abab Ipda M Arafah, terus melakukan pengejaran dan akhirnya mengetahui keberadaan salah satu pelaku Hendra dan langsung melakukan penangkapan di tempat persembunyiannya di Desa Betung, Kecamatan Abab, Kabupaten PALI.

Namun sebelum ditangkap, pelaku berusaha melakukan perlawanan sehingga petugas terpaksa mengambil tindakan tegas dengan menembak kaki pelaku, dan setelah berhasil dilumpuhkan pelaku langsung diobati di Puskesmas Babat, yang kemudian diamankan di Polsek Penukal Abab, untuk diproses hukum serta pengembangan lebih lanjut.

Kapolres Muaraenim AKBP Afner melalui Kabagops Kompol Irwan, pihaknya telah mengamankan satu orang tersangka bersama barang buktinya satu unit sepeda motor merk KLX 150 G BG 4413 CE warna hijau tahun 2017.

Dari catatan Polres Muaraenim, setidaknya sudah ada tiga laporan Curas, Curat dan Curanmor terutama di wilayah hukum Polsek Penukal Abab dan tidak menutup kemungkinan di wilayah di luar Polres Muaraenim. Atas perbuatannya, tersangka akan dikenakan Pasal 365 KUHP.

"Ketika ditangkap terpaksa diberikan tembakan ke kakinya karena ia berusaha melarikan diri, sedangkan satu pelaku lainnya sedang dalam pengejaran karena identitasnya sudah diketahui," ujar Kompol Irwan.

===

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: pairat
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved