Langsung Nyalakan “AC” Saat Masuk Mobil Berbahaya untuk Kesehatan, Benarkar ?

Saat mendengar informasi soal bahaya kesehatan menyalakan pendingin udara (air condition/AC) ketika masuk mobil

Langsung Nyalakan “AC” Saat Masuk Mobil Berbahaya untuk Kesehatan, Benarkar ?
www.hariandepok.com
AC Mobil. 

SRIPOKU.COM – Saat mendengar informasi soal bahaya kesehatan menyalakan pendingin udara (air condition/AC) ketika masuk mobil, khususnya saat kabin panas, bisa dipastikan tidak benar.

Memang sebelumnya ada kabar beredar, kalau komponen di dalam mobil yang berbahan karet dan plastik bisa mengalami reaksi kimia, saat terpapar sinar matahari. Menakutkannya, itu bisa menyebabkan penyakit kanker.

Menanyakan langsung kepada Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), dirinya menampik hal tersebut. Malah, dirinya menyebut tak pernah ada informasi valid yang dia terima terkait fenomena itu.

“Mohon maaf, saya tidak ada referensi ataupun studi terkait hal tersebut. Sejauh belum ada informasi akan adanya gangguan kesehatan, yang diakibatkan langsung menyalakan AC saat masuk mobil, terutama saat panas,” kata Anjar kepada KOMPAS.com, Kamis (4/10/2018).

Anjar menambahkan, etika ketika masuk ke dalam mobil, memang sebaiknya pada saat bersamaan juga membuka jendela sehingga ada pertukaran udara.

“Buka jendela agar terjadi sirkulasi udara dan udara panas yang terjebak bisa keluar. Tidak masalah menyalakan AC saat yang bersamaan,” kata Anjar.

Hal senada juga disampaikan oleh Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, dirinya menyebut itu adalah berita hoaks. Didi menambahkan juga, kalau kabar tersebut tidak memiliki bukti.

“Tidak apa-apa, itu berita hoaks. Pastinya buat saya sendiri, ketika masuk ke dalam mobil apalagi dalam kondisi panas, baiknya buka jendela buat membuang panas. Perilaku tersebut, bisa meringankan kerja AC untuk mendinginkan kabin mobil,” ucap Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkah Langsung Nyalakan “AC” Saat Masuk Mobil Berbahaya?", 

Penulis : Ghulam Muhammad Nayazri

Editor: Adrian Yunus
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved