Berita Muaraenim

Berita Muaraenim : Akbid Pemkab Muaraenim Merger dengan Poltekkes Kemenkes RI Palembang

Akademi Kebidanan Pemkab Muaraenim telah merger dengan Poltekes Kemenkes RI Palembang

Berita Muaraenim : Akbid Pemkab Muaraenim Merger dengan Poltekkes Kemenkes RI Palembang
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Wisuda angkatan ke XV adalah wisuda yang terakhir bagi Akbid Pemkab Muaraenim. Pasalnya per 1 Oktober 2018, Akademi Kebidanan Pemkab Muaraenim telah merger dengan Poltekkes Kemenkes RI Palembang dengan nama baru yaitu Poltekes Kemenkes RI Palembang Kampus Muaraenim, Kamis (4/10). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM --- Wisuda angkatan ke XV adalah wisuda yang terakhir bagi Akbid Pemkab Muaraenim. Pasalnya per 1 Oktober 2018, Akademi Kebidanan Pemkab Muaraenim telah merger dengan Poltekkes Kemenkes RI Palembang dengan nama baru yaitu Poltekes Kemenkes RI Palembang Kampus Muaraenim.

"Ini wisuda terakhir atas nama Akbid Pemkab Muaraenim untuk tahun depan akan bergabung pada Poltekes Kemenkes RI Palembang Kampus Muaraenim," ujar Rita disela-sela Wisuda ke XV Akbid Pemkab Muaraenim Tahun Akademik 2018 di Gedung Putri Dayang Rindu Muaraenim, Kamis (4/10/2018).

Kegiatan wisuda tersebut dihadiri langsung oleh Wabup Muaraenim H Juarsah SH, Ketua IBI Sumsel Siti Aisah MKes, Sekretaris Daerah Kabupaten Muaraenim Ir H Hasanudin Msi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muaraenim Vivi Maryani S.Si.M.BMd, Apt, Pengadilan Negeri Muaraenim, DPRD Kabupaten Muaraenim, staf akademik Akbid Pemkab Muaraenim, wisudawan dan tamu undangan.

Menurut Direktur Akademi Kebidanan Pemkab Muaraenim Hj Rita Kamalia MKes, bahwa kelulusan ini merupakan proses awaI perjalanan mahasiswa didalam menghadapi dunia kerja, karena dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 1796 tahun 2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan.

Bahwa setiap mahasiswa yang dinyatakan Lulus Ujian Akhir Program harus melaksanakan juga uji kompetensi untuk mendapatkan STR oleh Kemenristekdikti bekerja sama dengan MTKI yang pelaksanaannya serentak seluruh Indonesia.

Untuk Akbid Pemkab Muaraenim (Poltekes Kemenkes RI Palembang Kampus Muara Enim) telah memiliki Akreditasi ”B” LAMPTKES sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, dan selalu lulus diatas rata-rata nasional.

Dan mudahan-mudahan lulusan angkatan ke 15 harus lulus 100 persen.

Masih dikatakan Rita, Historis Pendidikan Tinggi Kesehatan / Diploma Bidang Kesehatan milik Pemda merupakan hasil konversi dari Sekolah-sekolah Kesehatan setingkat SLTA (Sejak tahun 1997).

Hal tersebut mengingat undang-undang kesehatan yang tenaga kesehatan minimal terbitnya mewajibkan
berpendidikan diploma bidang kesehatan milik Pemda antara lain seperti akademi keperawatan, akademi kebidanan, akademi farmasi, akademi analis kesehatan, akademi gizi, akademi kesehatan lingkungan dengan dasar hukum saat itu SKB Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 1987 tentang Pendidikan Diploma Ill Kesehatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah.

Halaman
123
Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help