Pemerintah Inggris Akan Kirim Bantuan Rp 39 Miliar ke Palu dan Donggala

Pemerintah Inggris mengumumkan bakal mengirim bantuan bagi korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala.

Pemerintah Inggris Akan Kirim Bantuan Rp 39 Miliar ke Palu dan Donggala
https://internasional.kompas.com/
Tim SAR melakukan evakuasi korban meninggal dunia yang tertimba reruntuhan bangunan di Hotel Roa Roa Kota Palu, Sulteng, akibat gempa magnitudo 7,4, Senin (1/10/2018). (Dok Humas SAR Palu) 

SRIPOKU.COM , LONDON - Pemerintah Inggris mengumumkan bakal mengirim bantuan bagi korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala.

Menteri Pembangunan Internasional Penny Mordaunt berkata, London telah mendapat permintaan bantuan dan bakal mengerahkan tim berisi pakar.

Berita Lainnya:
Beredar Video Pasha Ungu Angkat Galon hingga Gotong Jenazah Korban Tsunami Palu

Dilansir Sky News Senin (1/10/2018), dia juga bakal menyediakan dana 2 juta poundsterling, atau sekitar Rp 39,1 miliar.

"Saya telah menganggarkannya sehingga bisa langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok orang-orang yang paling terkena dampak bencana," ulas Mordaunt.

London juga mempertimbangkan pengerahan kekuatan laut, dengan kapal perusak HMS Argyll dilaporkan sudah berangkat, dan kapal transportasi HMS Albion juga dipersiapkan.

Inggris langsung bergerak setelah muncul berbagai tayangan yang memperlihatkan perempuan dan anak-anak menangis di bandara agar diizinkan pergi dari lokasi bencana.

"Kami belum makan sejak tiga hari terakhir. Yang saya inginkan hanyalah kami bisa selamat," ratap seorang perempuan kepada salah satu media nasional Indonesia.

PBB memprediksi, sekitar 191.000 orang berada dalam kondisi darurat pasca-gempa bermagnitudo 7,4 yang melanda pekan lalu.

Hingga saat ini, korban tewas gempa dan tsunami di Paul serta Donggala mencapai 925 orang, dan korban terluka di angka 799 orang.

Kapendam XIII Merdeka Kolonel Inf Muhammad Thohir berujar, jumlah pengungsi mencapai 59,450 orang yang berada di 109 titik.

Adapun korban yang masih tertimbun sebanyak 152 jiwa. "Sementara rumah rusak masih sama dengan kemarin, 65.733 unit," terang Thohir.

Penulis: Ardi Priyatno Utomo
Sumber: SkyNews.com

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://internasional.kompas.com/ dengan Judul:
Inggris Bakal Kirim Bantuan Rp 39 Miliar ke Palu dan Donggala

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved