Berita Muaraenim

Dana BOS Digunakan Seoptimal Mungkin untuk Operasional Sekolah

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) supaya digunakan seoptimal dan sebaik mungkin untuk operasional sekolah.

Dana BOS Digunakan Seoptimal Mungkin untuk Operasional Sekolah
SRIPOKU.COM/ARDANI ZUHRI
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Kabupaten Muaraenim Ibrahim Ilyas menyematkan tanda peserta kepada salah seorang peserta Diklat. 

Laporan wartawan sripoku.com, Ardani Zuhri

SRIPOKU.COM, MUARAENIM---Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) supaya digunakan seoptimal dan sebaik mungkin untuk operasional sekolah bukan untuk Bos (Kepala Sekolah).

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Muaraenim yang diwakili oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Kabupaten Muaraenim Ibrahim Ilyas pada pembukaan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muaraenim tahun 2018, di Gedung Diklat UPT Muaraenim, Senin (1/10/2018).

Baca: Pulau Kemaro Simpan Cerita Pembuangan Tahanan G30S, Tapi Belum Dibuktikan

Menurut Ibrahim, Pendidikan dan Pelatihan Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah adalah merupakan hal penting bagi Pemerintah Daerah dan Sekolah dalam rangka peningkatan pengetahuan bagi pengelola dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sehingga penggunaan dana bantuan tersebut akan tepat sasaran dan tepat guna dalam mendukung penyelenggaraan Wajib Belajar Sembilan Tahun secara efektif dan efisien.

Adapun tujuan diadakannya Pendidikan dan Pelatihan ini adalah agar pengelolaan keuangan dana Bantuan Operasional Sekolah dilaksanakan dengan tertib administrasi, transparan, akuntabel, tepat waktu, serta dapat terhindar dari penyimpangan-penyimpangan.

Baca: Diduga Masalah Hutang, Soleh Tewas Dikeroyok Bapak dan Anak Terjadi di Kabupaten Ogan Ilir

"Jadi dana BOS itu bukan dana untuk Bos (Kepsek), jangan disalahgunakan. Makanya perlu Diklat ini supaya mengerti dan tidak berhadapan dengan hukum," ujarnya.

Dikatakan Ibrahim, Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang akan saudara ikuti selama enam hari atau 60 Jam Pelajaran, yang berkaitan dengan penerapan kebijakan yang menyangkut manajemen atau administrasi keuangan di sekolah dengan baik.

Di samping itu juga akan dibekali pengetahuan-pengetahuan baru yang belum diketahui sebelumnya.

Adapun materi dan metode pelatihan materi Pendidikan dan Pelatihan Pengelolaan Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah antara lain yaitu Jam Pimpinan, Pengarahan Program, Mekanisme Pelaksanaan Program 808 SMP Tahun 2018, Kebijakan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di Bidang Pendidikan, Mekanisme Penyaluran Dana BOS, DAK Fisik, dan APBD, Mekanisme Pengawasan dan Pelaporan Penggunaan Dana BOS, Pedoman Pengelolaan Dana BOS sesuai Permendagri Nomor 62 Tahun 2011, Sistem Pengelolaan Dana BOS sesuai Permendikbud Nomor 16 Tahun 2016, Revolusi Mental, Dinamika Kelompok, Laporan Pertanggungjawaban Bendaharawan Daerah, Tata Usaha Pembukuan Bendaharawan Daerah, Evaluasi Penggunaan Dana BOS, Perencanaan Pengelolaan Dana BOS, Kebijakan Pemerintah Kabupaten Muaraenim di Bidang Pendidikan, Evaluasi Akhir, Pre Test dan Post Test.(ari)

Penulis: Ardani Zuhri
Editor: Tarso
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved