Berita Pagaralam

Walikota Baru Pagaralam Sambut Baik Program Mantan Walikota. Ini Programnya

mantan Walikota Pagaralam priode 2013-2018, Hj Ida Fitriati akan mengembangkan peternakan ayam broiler di Kota Pagaralam

Walikota Baru Pagaralam Sambut Baik Program Mantan Walikota. Ini Programnya
SRIPOKU.COM/WAWAN SEPTIAWAN
Mantan Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati (kedua dari kiri) bertemu dengan Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni untuk membahas rencana pengembangan ayam jenis boiler di Pagaralam, Selasa (25/9/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wawan Septiawan

SRIPOKU.COM, PAGARALAM - Untuk memenuhi kebutuhan protein dari daging ayam di Kota Pagaralam dan menstabilkan harga ayam di pasaran, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melakukan rapat pembahasan lokasi rencana Pembangunan Perternakan Unggas, jenis ayam broiler (ayam daging).

Dalam rapat tersebut hadir mantan Walikota Pagaralam priode 2013-2018, Hj Ida Fitriati (Buk Ida).

Buk Ida merupakan warga yang akan mengembangkan peternakan ayam broiler di Kota Pagaralam. Untuk itu dirinya hadir dalam rapat tersebut.

Baca: Sederhana tapi Romantis, Begini Cara Bikin Agar Suami Selalu Tersenyum Setiap Pagi

Baca: BREAKING NEWS: Diduga Korsleting Rumah Warga di Talang Semut Terbakar

Owner unggas jenis ayam broiler, Ida Fitriati mengatakan, kenapa peternakan ayam, karena pada intinya manusia sangat membutuhkan yang namanya protein.

Selain itu rencana pembangunan peternakan unggas ini dapat mengurangi angka penganguran di Pagaralam.

"Rencana dibangunnya peternakan unggas ini akan dilaksanakan di kawasan Mingkik Kelurahan Atung Bungsu. Jika nantinya program ini telah berjalan, pihaknya akan memberdayakan tenaga masyarakat sekitar untuk mengurus peternakan tersebut, dengan tentunya tetap didampingi tenaga ahli di bidang peternakan," ujarnya.

Sedangkan untuk kemungkinan ada pencemaran di kawasan lingkungan perternakan dirinya menjelaskan, peternakan tersebut menggunakan metode Dalteknik ternak ayam broiler dengan sistem modern adalah closed house.

Baca: Besok Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka, Begini Cara Unggah Berkas dan Foto Selfie, Jangan Salah!

Baca: Sungai Sekanak Besolek Palembang seperti Sungai di Korea, Bakal Jadi Destinasi Kelas Dunia

"Keunggulan kandang yang tertutup ini tidak terpengaruh dengan kondisi di daerah tersebut yang mana pada kondisi lingkungan apapun akan aman-aman saja menggunakan kandang jenis ini," jelasnya.

Selain itu keunggulan lainnya adalah ayam akan bisa bertahan di segala musim baik itu musim hujan maupun musim panas.

Jika musim panas anda tidak terlalu khawatir dengan ayam yang berada di kandang terbuka, namun jika sudah musim hujan berbagai macam penyakit bisa muncul dan merugikan peternakan.

"Jika memang rencana tersebut diberikan izin agar cepat terlaksana, pihaknya di tahap pertama nanti menghadirkan 60.000 ayam, yang terbagi dari dua kandang dengan kapasitas satu kandang berjumlah 30.000 dengan target 120.000, maka dari berharap pemerintah kota Pagaralam mendukung dan memberikan izin agar peternakan tersebut bisa segera terlaksana," harapnya.

Baca: Jumlah DCT Caleg OKU Timur Berkurang Dua Orang, Ini Daftarnya

Sementara itu Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana program untuk mengembangkan peternakan unggas jenis ayam broiler tersebut.

Wako langsung meminta kepada dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Perizinan untuk mendukung keinginan dan kebutuhan protein masyarakat Pagaralam bisa di penuhi.

"Kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait dalam rencana program ini, agar cepat terlaksana. Saya sangat mendukung pasalnya dalam program ini akan adanya pengurangan angka penggangguran di Pagaralam," katanya.

Penulis: Wawan Septiawan
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved