4 Jenis Cokelat Indonesia yang Harus Anda Coba

Dari berbagai jenis cokelat yang ada di Indonesia, Pipiltin Cocoa selaku salah satu produsen couventour cokelat Indonesia merekomendasikan

4 Jenis Cokelat Indonesia yang Harus Anda Coba
jadiBerita.com
Cokelat Glenmore. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Pembudidayaan cokelat sangat berpotensi di Indonesia. Tanaman tropis ini memang sangat cocok dengan iklim Nusantara.

Ragam keunikan geografis hingga kearifan lokal di Indonesia bisa memperkaya citarasa dan kekhasan cokelat.

Berita Lainnya:
Sea Salt dan Cokelat Jadi Buruan Oleh-Oleh Atlet Asian Games 2018

Dari berbagai jenis cokelat yang ada di Indonesia, Pipiltin Cocoa selaku salah satu produsen couventour cokelat Indonesia merekomendasikan empat jenis cokelat yang harus Anda coba.

"Yang sudah konsisten dari hal produksi dan kualitas lebih dari setahun itu berasal dari Aceh, Jawa Timur, Bali, dan Flores. Padahal masih banyak lagi perkebunan cokelat yang khas di Papua, Kalimantan, Luwuk, Banteng juga," tutur Kevin Angra Limawan, Chocolatier dari Pipitin Cocoa kepada KompasTravel di The Westin, Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Kevin mengatakan karakter cokelat tiap daerah dipengaruhi kondisi minyak dalam tanahnya, vegetasi lain di sekitar cokelat, jarak pemukiman ke perkebunan, ketinggian tanah, hingga kearifan lokal yang memproses kakao menjadi cokelat.

1. Cokelat Pidie Jaya, Aceh

Cokelat Pidie Jaya, Aceh yang dipamerkan Pipitin Cocoa di The Westin, Jakarta, Selasa (31/7/2018). (KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA).

Tidak hanya kopi, cokelat dari Tanah Rencong ini terkenal strong. Kuat rasa cokelatnya, meski tergolong cokelat pahit.

Halaman
123
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help