Kelezatannya Tidak Diragukan Lagi, Inilah 5 Kue Khas Cocok Buat Oleh-oleh

Kue yang diusung oleh selebriti Indonesia kini merajalela di kota-kota besar Indonesia. Namun sebelum kehadiran kue selebriti,

Kelezatannya Tidak Diragukan Lagi, Inilah 5 Kue Khas Cocok Buat Oleh-oleh
bukalapak.com
Bika Ambon Medan. 

SRIPOKU.COM , JAKARTA - Kue yang diusung oleh selebriti Indonesia kini merajalela di kota-kota besar Indonesia. Namun sebelum kehadiran kue selebriti, sebenarnya sudah banyak merek kue yang menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke daerah.

Berita Lainnya:
Mengenal 6 Jenis Kue Asal Kota Seribu Kue, Salah Satunya Favorit Presiden Soekarno

Saking suksesnya, kue-kue ini sampai menjadi ikon oleh-oleh dari kota tersebut. Inilah jenis kue dan merek kue sukses di kota besar Indonesia, kelezatannya tidak diragukan lagi:

1. Bolu dan Bika Ambon, Medan
Menyebut Medan, langsung teringang dua oleh-oleh ikonik yaitu Bolu Meranti dan bika ambon. Bolu Meranti dibuat oleh Nyonya Ai Ling yang hobi membuat kue.

Bika Ambon.
Bika Ambon. (Covesia)

Lewat situs resmi Bolu Meranti, disebutkan jika sebenarnya Ai Ling awalnya tidak memiliki toko. Terkadang ia menitip bolu gulung jualannya ke rumah tantenya yang berada di Jalan Meranti. Dari sanalah merek nama Bolu Meranti muncul.

Selain Bolu Meranti, Medan juga terkenal dengan bika ambon. Ada lebih dari 20 gerai bika ambon di Medan. Salah satu merek ternama adalah Bika Ambon Zulaikha.

2. Bollen dan Brownies, Bandung
Tidak afdol rasanya jika berkunjung ke Bandung tidak membeli kue bollen. Bollen adalah jenis kue pastry yang diisi dengan pisang dan tambahan lain seperti keju atau cokelat.

Bolen Pisang Bandung.
Bolen Pisang Bandung. (cookpad.com)

Salah satu pelopor bollen di Bandung adalah Ibu Ratnawati. Awalnya ia hobi mengulik resep kue dan roti dari zaman Belanda yang diwariskan keluarganya. Menerima pesanan dari mulut ke mulut, akhirnya Ibu Ratnawati membuka toko Kartika Sari pada 1974.

Sampai saat ini Bandung identik dengan bollen. Banyaknya pembeli kue yang berkunjung ke Bandung, akhirnya membuka peluang bagi toko kue lain seperti Primarasa yang terkenal dengan picnic roll dan brownies juga Amanda yang terkenal dengan brownies.

3. Bakpia, Yogyakarta
Kue pia dengan isian kacang hijau ini identik dengan Yogyakarta. Lewat situs resmi Bakpia 25, disebutkan sebenarnya Kampung Pathok, Yogyakarta mulai memproduksi bakpi pada 1948. Saat itu masih dijual kemasan besek tanpa merek.

Bakpia Pathok.
Bakpia Pathok. (Medium)
Halaman
12
Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved