Berita Palembang

Hadi Prabowo Resmi Jadi Pj Gubernur Sumsel, Bisa Mutasi Pejabat Bila Perlu

Penunjukkan Hadi Prabowo sebagai Pj di masa transisi jabatan antara kepemimpinan Alex Noerdin hingga Gubernur Terpilih 2018 dilantik

Hadi Prabowo Resmi Jadi Pj Gubernur Sumsel, Bisa Mutasi Pejabat Bila Perlu
SRIPOKU.COM/RAHMALIYAH
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo (ketiga dari kiri) bersama Pj Gubernur Sumsel Hadi Prabowo didampingi istri (kedua dari kiri) mantan gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan istri serta wagub Sumsel H Ishak Mekki dan istri setelah pelantikan Hadi Prabowo sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan menggantikan Alex Noerdin di Griya Agung Palembang, Jumat (21/9/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.com, PALEMBANG - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo resmi melantik Hadi Prabowo sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan, menggantikan Alex Noerdin yang mundur untuk maju dalam pertarungan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menegaskan meski berstatus Pj namun soal kewenangan yang dimiliki oleh Pj sama seperti kewenangan gubernur definitif.

Penunjukkan Hadi sebagai Pj pun sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Fungsi Pj sama seperti gubernur bisa memutasikan pejabat bila perlu, jika ada pembahasan dengan DPRD maka itu sah, ia bisa membuat keputusan atau merubah anggaran," jelasnya, usai acara pelantikan Pj Gubernur Sumsel di Griya Agung, Jumat (21/9/2018).

Penunjukkan Hadi Prabowo sebagai Pj di masa transisi jabatan antara kepemimpinan Alex Noerdin hingga Gubernur Terpilih 2018 dilantik penting dilakukan.

Hal ini mengingat pemerintahan di daerah harus tetap berjalan dan masyarakat bisa dilayani seperti biasa.

"Mempercepat pelantikan Gubernur Definitif sebenarnya bisa besok pagi atau kapan. Inginnya dipercepat namun karena pelantikan akan dilakukan langsung oleh Presiden dengan Kepres maka saat ini tengah dipersiapkan secara matang oleh Sekneg," ungkapnya.

Sementara itu, Hadi Prabowo, Pj Gubernur Sumsel mengatakan dirinya siap melanjutkan tata kelola dalam waktu transisi antara pemerintahan yang dipimpin Alex Noerdin (2013-2018) hingga nantinya pejabat definitif yakni gubernur terpilih, Herman Deru sesuai dengan penugasan dirinya sebagai Pj.

Sejumlah rencana kerja juga telah disusun oleh Hadi di masa kepemimpinannya sebagai Pj Gubernur Sumsel ke depan.

Halaman
12
Penulis: Rahmaliyah
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help