Kediri Jadi Satu-satunya Kota di Jatim yang Tidak Buka Kuota CPNS, Ini Alasannya

Kota Kediri, Jawa Timur, disebut sebagai satu-satunya daerah yang tidak mengajukan kuota CPNS dalam musim penerimaan CPNS tahun ini.

Kediri Jadi Satu-satunya Kota di Jatim yang Tidak Buka Kuota CPNS, Ini Alasannya
https://regional.kompas.com/
Akun Twitter Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginformasikan, pendaftaran CPNS 2018 akan dimulai pada 26 September 2018. Rabu (19/9/2018). (Twitter: BKN, @bkngoid) 

SRIPOKU.COM , SURABAYA - Kota Kediri, Jawa Timur, disebut sebagai satu-satunya daerah yang tidak mengajukan kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dalam musim penerimaan CPNS tahun ini. Alasannya, di Kota Kediri tahun ini hanya ada tiga orang PNS yang pensiun.

Berita Lainnya:
Link sscn.bkn.go.id Sudah Bisa Diakses, Tapi BKN Imbau Peserta Lakukan Hal Ini Dulu

"Kota Kediri tahun ini tidak mengajukan kuota CPNS, karena hanya tiga PNS yang pensiun," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur, Anom Surahno, Rabu (19/9/2018) sore.

Sementara perhitungan kuota CPNS sendiri menurut dia, salah satunya mengacu pada jumlah pegawai yang masuk masa pensiun di tahun tersebut. "Jika yang pensiun hanya tiga, mungkin masih banyak formasi yang masih terisi," jelasnya.

Dari 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, daerah dengan usulan kuota CPNS terbanyak adalah Kabupaten Malang dengan 830 kuota CPNS. Sementara daerah dengan usulan paling sedikit adalah Kota Probolinggo dengan kuota CPNS hanya 124.

Secara keseluruhan, tahun ini formasi CPNS yang dibutuhkan di Jawa Timur sebanyak 16.276. "Sementara untuk lingkungan Pemprov Jatim hanya 2.065 formasi CPNS," jelasnya.

Formasi CPNS di lingkungan Pemprov Jawa Timur terbagi tiga kategori, meliputi tenaga guru sebanyak 826 formasi, tenaga kesehatan 797 formasi dan tenaga teknis 442 formasi.

Detil jenis jabatan, formasi, dan cara pendafataran bisa diakses website http://bkd.jatimprov.go.id dan http://sscn.bkn.go.id sejak Rabu (19/9/2018). Pendaftaran sendiri dibuka sejak 26 September 2018.

"Peraturan baru seleksi CPNS tahun ini, pendaftar hanya dapat mendaftar pada satu instansi pemerintah dan hanya diperkenankan pada satu formasi jabatan saja," ujarnya.

Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Berita Ini Sudah Diterbitkan di Situs https://regional.kompas.com/ dengan Judul:
Kediri Jadi Satu-satunya Kota di Jatim yang Tidak Buka Formasi CPNS, Ini Sebabnya

Editor: Bejoroy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved