Berita Palembang

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumsel Ajak Warga Palembang Berdonasi untuk Lombok

Aksi yang diinisiasi oleh ACT ini bertujuan sebagai wujud solidaritas kepada korban bencana Lombok.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumsel Ajak Warga Palembang Berdonasi untuk Lombok
SRIPOKU.COM/WAHYU KURNIAWAN
Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumsel yang memberikan bantuan kepada korban bencana Lombok, Sabtu (15/9/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Wahyu Kurniawan

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumsel berkolaborasi dengan berbagai komunitas di Palembang melakukan seruan untuk mengajak masyarakat Palembang ikut dalam aksi peduli Lombok dan penggalangan dana dengan tema “Sumsel Bersama Lombok”.

Aksi ini bertujuan sebagai bentuk solidaritas terhadap saudara sebangsa korban bencana gempa Lombok yang saat ini sudah banyak menelan korban jiwa dan menyebabkan banyak kerugian.

"Aksi yang diinisiasi oleh ACT ini bertujuan sebagai wujud solidaritas kepada korban bencana Lombok. Saat ini sudah lebih dari 564 orang meninggal dunia, sebanyak 390.529 orang terpaksa mengungsi dan lebih dari 77.000,” jelas Ardi selaku Branch Manager ACT kepada Sripoku.com, Sabtu (15/9/2018).

Baca: BREAKING NEWS: Kebakaran di Sukabangun II Palembang, Depot Kayu Rata dengan Tanah

Baca: Sedang Sakit, Hilda Vitria Tiba-Tiba Bentak Billy Syahputra ‘Yang Ngurus Kamu Siapa Aku Tanya?’

Baca: Warungnya di Pasar Sungki Palembang Ludes Terbakar, Tukang Becak Ini Tetap Tersenyum

Ardi menambahkan jika kemarin masyarakat Indonesia terkhusus Sumsel sempat bangga karena telah sukses menjadi tuan rumah Asian Games 2018 dan memperoleh banyak medali, maka jangan sampai lupa akan duka saudara kita yang ada di Lombok hari-hari ini.

“Kalau kemarin kita bangga atas prestasi para atlet dan juga telah sukses menjadi tuan rumah dalam pagelaran Asian Games ke 18 di Indonesia, maka kita jangan sampai lupa, cuek, bahkan tidak peduli atas penderitaan korban gempa Lombok di NTB. Mereka saudara kita yang harus terus kita bersama," ujarnya.

Sementara itu, Rendi sebagai Koordinator Aksi Sumsel Bersama Lombok ini mengatakan bahwa 'euforia' Asian Games 2018 saat ini masih terasa, namun kita jangan sampai lupa akan penderitaan saudara Lombok yang masih belum usai.

Baca: Begini Kronologi dan Penyebab Kebakaran di Simpang Pasar Sungki Kertapati Palembang Tadi Malam

“Aksi kali ini dilakukan setelah 'euforia' Asian Games 2018 di Indonesia yang sangat baik namun di balik euforia masih banyak penderitan korban bencana gempa Lombok di NTB, serta aksi hari ini akan melibatkan beberapa komunitas yang ada di Palembang di antaranya Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), Komunitas Gemar berbagi (KGB), Komunitas Muslimah Bercadar (KMB), Muslimah Motivation (MUMO), Pemuda Hijrah Palembang (PHP), Payo Berbagi, dan masih banyak lagi.

Aksi Cepat Tanggap saat ini telah memberangkatkan lima orang relawan yang akan dirolling setiap dua pekan untuk langsung membantu korban gempa Lombok.

Serta mengirimkan beberapa keperluan logistik utamanya pangan bagi korban gempa Lombok.

ACT Sumsel juga membuka posko bantuan logistik wilayah beralamat di Jalan Jenderal Sudirman No 3268 Seberang SMA N 3 Palembang, silahkan masyarakat bisa menyalurkan bantuan baik dana maupun barang untuk membantu saudara di Lombok.

Baca: 10 Tahun Lalu, Ternyata Maia Estianty Punya ‘Hubungan’ dengan Aktor Ini, Wajahnya jadi Perbincangan

Baca: Sedang Sakit, Hilda Vitria Tiba-Tiba Bentak Billy Syahputra ‘Yang Ngurus Kamu Siapa Aku Tanya?’

"Meski raga tak bisa menyapa, tapi spirit kepedulian harus membersamai saudara kita di sana, insya Allah Sumsel Bersama Lombok," ujarnya.

Dia juga menyampaikan bahwa pihaknya akan terus mengkampanyekan program bantuan untuk Lombok ini.

Dalam waktu dekat, ACT dan berbagai komunitas yang ada akan kembali melakukan penggalangan dana di beberapa titik strategis.

Dana yang terhimpun akan dialokasikan utk pembangunan Integrated Community Shelter (ICS) yaitu komplek hunian sementara yang terdiri dari perumahan, masjid, sekolah, MCK, sumur dalam serta mini market yang ke semuanya digratiskan untuk warga.

Penulis: Wahyu Kurniawan
Editor: Sudarwan
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help