Berita Muba

Dharma Wanita Persatuan Muba Olah Ikan Lele Jadi Berbagai Kuliner, Buat Es Kepal Milo Toping Lele

Tingginya produksi ikan lele di Kabupaten Muba, membuat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Muba melakukan inovasi

Dharma Wanita Persatuan Muba Olah Ikan Lele Jadi Berbagai Kuliner, Buat Es Kepal Milo Toping Lele
SRIPOKU.COM/FAJERI RAMADHONI
DWP Muba pada saat menunjukan inovasi es kepala milo yang terbuat dari bahan ikan lele. 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Fajeri Ramadhoni

SRIPOKU.COM, SEKAYU -- Tingginya produksi ikan lele di Kabupaten Muba, membuat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Muba melakukan inovasi, menyulap lele menjadi kuliner yang bernilai ekonomis.

Plt Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muba, Hj Siti Sulaiha, mengatakan selama ini ikan lele hanya biasa digoreng.

Namun ada rasa jenuh menikmati lele goreng meskipun kaya gizi rendah kalori, memiliki protein lengkap, tidak ada merkuri, memiliki vitamin B-12 dan rendah lemak.

Baca: KPU Muaraenim Hapus 1.764 Data Pemilih Ganda

“Banyak manfaat dari ikan lele, karena memiliki banyak vitamin. Selain itu juga ikan lele bisa diolah menjadi berbagai makanan ringan seperti kerupuk, stik lele, abon lele, pangsit lele dan es kepal lele," kata Siti, disela Pertemuan Rutin DWP Kabupaten Muba, digedung DWP, Jumat (14/9/18).

Untuk membuat olahan lele berbeda, pihaknya saat ini sedang mencoba membuat es kepal lele yang terinspirasi dari es kepal milo.

Baca: Hadapi Persaingan di Era Digital, Owner Pempek Lince : Dekati Pembeli Secara Personal

Hal ini dilakukan karena es kepal milo ini banyak peminatnya,membuat anggota Dharma Wanita kepikiran mengubah topingnya dari olahan ikan lele.

"Memang sempat banyak meragukan kita olah menjadi es kepal lele, tapi ketika dicoba khususnya anak-anak banyak yang suka," ungkapnya.

Baca: Tergiur Lelang Mobil Mahal, Usai Solat Tahajud, Caleg Ini Baru Sadar Telah Ditipu

Disinggung mengenai proses pembuatan, Siti menerangkan, dalam pengelolaan sendiri membutuhkan proses yang panjang, dengan kita mengkukus ikan lele dengan ditambah bahan jahe lalu diambil dagingnya dan disangrai lalu ditambahi jahe, vanili, gula sehingga bau amis pun hilang dan terasa manis.

“Semuanya diolah sehingga amis lelenya hilang,”ujarnya.

Baca: Pernah Diberhentikan Jadi Ketua, Fakhtuddin Jadi Anggota Lagi. Bawaslu Sumsel : Tak Pengaruh

Sementara, Ketua DWP Kabupaten Muba, Hj Asna Aini Apriyadi sangat mengapresiasi atas usaha yang dilakukan oleh Plt Ketua DWP Dinas PMD, karena tentunya bisa membantu ekonomi keluarga dan mengkampanyekan makan ikan.

"Karena selama ini kita beranggapan makan ikan lele hanya dipecel lele saja. Nah, ditangan ibu Siti bisa diolah menjadi bermacam makanan ringan. Ini juga sangat bermanfaat informasi serta motivasi yang diberikan oleh ibu Siti bagi anggota DWP lainnya," jelasnya.

Penulis: Fajeri Ramadhoni
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help