Berita OKI

Hasil Pencermatan Bawaslu, Ada 12.439 Pemilih Ganda di Kabupaten OKI

Dijelaskan Hadi, berdasarkan hasil pencermatan yang dilakukan pihaknya terhadap by name by adress DPT pemilu 2019

Hasil Pencermatan Bawaslu, Ada 12.439 Pemilih Ganda di Kabupaten OKI
ISTIMEWA
Ilustrasi 

Laporan wartawan Sripoku.com, Mat Bodok

SRIPOKU.COM, KAYUAGUNG -- Sebanyak 12.439 pemilih ganda by name by adress di daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2019 di Kabupaten OKI.

Data ini berdasarkan hasil pencermatan yang dilakukan oleh pihak Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kamis (13/9/2018).

Baca: Jadwal Pertandingan & Siaran Langsung Trans 7 Moto GP Aragon 2018, Ini Kondisi Rossi & Pedrosa

Ketua Bawaslu OKI, Ihsan Hamidi melalui Kordiv Hukum Data dan Informasi Bawaslu OKI, Hadi Irawan mengatakan, berdasarkan dokumen berita acara pleno rekapitulasi Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir, berita acara pleno penetapan Data Pemilih Tetap (DPT) pemilu tingkat KPU dengan rincian 18 Kecamatan 327 kelurahan/desa, 2166 TPS jumlah DPT 508.567 dengan rincian 260.698 laki-laki dan 247.869 perempuan.

Baca: Bantu Tingkatkan Wisatawan Mancanegara, Telkomsel Hadirkan ‘simPATI Tourist Wonderful Indonesia’   

Dijelaskan Hadi, berdasarkan hasil pencermatan yang dilakukan pihaknya terhadap by name by adress DPT pemilu 2019, terdapat pemilih ganda sebanyak 12.439.

Untuk itu pihaknya meminta KPU melaksanakan pencermatan secara faktual data pemilih yang bermasalah dalam DPT yang masih ditetapkan.

Baca: Curi HP Pemilik Warung Saat Beli Sarapan Pagi. Teguh : Saat Ingin Mengembalikan Saya Ditangkap

"Artinya DPT ini dapat berkurang, dan hari ini akan dilakukan pleno penetapan DPSHP," tutur Hadi.

Bila benar yang ditemukan adanya kegandaan dan masih terdapat pemilih yang tidak memenuhi syarat, maka Bawaslu OKI merekomendasikan KPU untuk dilakukan perubahan terhadap berita acara rekap dan penetapan DPT No30/BA/VIII/2018 yang telah ditetapkan pada 19 Aguatus lalu.

Baca: Penerima Program Pemasangan Ledeng Gratis di Lahat Keluhkan Air Tak Mengalir Selama 2 Tahun

Permasalahan masih adanya DPT ganda tersebut misalnya nama yang tertulis sama sehingga harus dicermati dan diambil yang benar lalu yang lainnya akan dicoret. Ini terjadi hampir di seluruh kecamatan diwilayah OKI.

Ketua KPU OKI Dedi Irawan SIP MSi melalui Kasubag Program dan Data KPU OKI, Chandra Marta mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah melakukan pencermatan kalau memang benar ganda akan di hapus.

Baca: Berita Palembang Hari Ini - Mendagri: Kepala Daerah tak Berhentikan ASN Korupsi Dinyatakan Terlibat

Hari ini pihaknya melakukan rapat pleno terbuka penetapan DPSHP. Terkait DPT di Desa Lempuing Jaya Bawaslu OKI mengakui data yang terimput dua kali sehingga data yang diperoleh double.

Sementara untuk penyebab ganda pihaknya belum mengetahui karena masih dicermati dan datanya sudah di turunkan ke tingkat PPK dan PPS. "Ada yang sudah kami cek tapi tidak benar ganda," tandasnya.

Penulis: Mat Bodok
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved