The Nun: Kisah Dibalik Gereja Kuno dan Asal Usul Valak

ilm yang disutradarai oleh Corin Hardy ini sukses bikin penonton penasaran sekaligus ketakutan. Bahkan, trailer filmnya sudah ramai dibicarakan

The Nun: Kisah Dibalik Gereja Kuno dan Asal Usul Valak
ist
The Nun The Movie

SRIPOKU.COM - Bagi kamu penikmatit film horror supranatural, pasti bulan ini menjadi bulan yang sudah kalian tunggu. Pasalnya, The Nun sudah tayang di Indonesia, mulai Rabu, 5 September 2018 lalu. Penayangan film ini di Tanah Air ini lebih cepat dua hari dibandingkan penayangannya di Negara asal film ini, Amerika Serikat.

Film yang disutradarai oleh Corin Hardy ini sukses bikin penonton penasaran sekaligus ketakutan. Bahkan, trailer filmnya sudah ramai dibicarakan orang karena menampilkan kengerian. Melansir dari kompas.com berikut ini lima fakta film The Nun yang harus kamu ketahui sebelum menontonnya:

1. Janji James Wan
Film The Nun ini sebagai pelunas janji dari James Wan selaku sutradara The Conjuring 2 untuk menceritakan secara tuntas asal muasal iblis bernama Valak.

2. Ganti judul

Pada awalnya film yang berdurasi 96 menit ini diberi judul The Story of Valak. Namun Corin Hardy mengganti menjadi The Nun, karena dianggap potensi judul yang lebih menjual dan misterius.

3. Latar waktu

Latar waktu yang digunakan dalam film ini kembali seperti masa lampau pada tahun 1952, bertema horor klasik. Berlokasi di Rumania, The Nun sedikit menampilkan suasana masyarakat Eropa disaat itu, termasuk takhayul.

4. Lokasi shooting

.
. ()

via wordpress.com
Untuk mendukung latar waktu masa lampau, The Nun memilih lokasi shooting di sbenteng tua bekas tentara di Rumania. Lokasi tersebut menjadi tempat penyelidikan yang mempertemukan Valak. Bahkan sutradara Corin Hardy, sempat mengalami gangguan makhluk halus. Hardy mengaku bertemu dua arwah tentara Rumania tepat disalah satu lorong benteng tua tersebut.

5. Berdasarkan kisah nyata

via tribunnews.com
via tribunnews.com ()

Sosok iblis Valak berdasar pada kisah nyata, hal ini merujuk ataskesaksian Lorraine Warren yang dihantui oleh setan bertudung. Nama sosok Valak sendiri bukan mengikuti mitologi yang ada namun berdasarkan apa yang dialami langsung oleh Lorraine. Sedangkan menurut mitologi, karakter Valak adalah seorang anak kecil malaikat penunggang naga berkepala dua. Kisah Valak yang paling lengkap ada dalam buku Lesser Key of Solomon.

Synopsis Film The Nun: dilansir dari 21cineplex.com

Ketika mengantarkan sayuran dan buah-buahan ke sebuah gereja kuno nan terpencil di Rumania, Frenchie (Jonas Bloquet) menemukan Suster Victoria (Charlotte Hope) tewas tergantung di depan pintu. Kabar peristiwa naas yang misterius itu sampai ke Roma, yang membuat pihak Vatikan akhirnya mengirim Pendeta Burke (Demian Bichir) ke tempat kejadian perkara guna melakukan penyelidikan.

Vatikan juga merekomendasikan seorang calon Biarawati bernama Irene (Taissa Farmiga) untuk ikut berangkat membantu sang Pendeta di Rumania. Burke awalnya agak sangsi mengapa gadis ini yang diajukan, namun ia yakin Roma pasti punya alasan dibaliknya. Sesampainya di sana, mereka dipandu oleh Frenchie menuju Gereja yang oleh masyarakat sekitar dikenal angker tersebut.

the nun
the nun ()


Ironisnya, alih-alih mendapat petunjuk yang sederhana, Burke dan Irene justru menemukan sejarah serta rahasia tergelap Gereja tersebut yang yang tak hanya mengancam nyawa, tetapi juga iman serta jiwa mereka. Ya, keduanya harus berhadapan langsung dengan sumber kejahatan serta malapetaka di sana, yakni Valak (Bonnie Aarons).

Peristiwa di atas mengawali spin-off terbaru waralaba The Conjuring (2013) berjudul The Nun. Secara garis besar, harus diakui film ini kuat dari sisi ceritanya. Terutama dalam hal menjelaskan asal-usul Valak, yang tentunya sudah banyak penonton ingin tahu lebih detil siapa sebenarnya sosok Biarawati menyeramkan tersebut.

.
. ()


Ya, Valak memang primadona di film ini. Setiap kemunculan di berbagai adegan dijamin bakal selalu mencuri perhatian. Terlebih kedatangannya acap kali dikemas lewat jumpscare yang cenderung akan mengagetkan Anda. Gaya berjalannya yang khas hingga sorotan matanya yang tajam masih menjadi daya magisnya. Ia juga tampil lebih kejam dan menyeramkan ketimbang sebelumnya.

Gereja terpencil yang menjadi lokasi utama juga terbilang menjadi daya tarik tersendiri untuk The Nun. Arsitekturnya yang kuno serta berada di tengah hutan sukses membuat tempat ibadah itu semakin terasa angker. Dan itu dapat dimanfaatkan dengan sangat baik oleh sang sutradara lewat pengambilan gambar, pencahayaan, hingga permainan kamera yang mumpuni.

Ia juga sukses memaksimalkan setiap sudut ruangan di gereja tersebut menjadi terasa spooky. Sangat membuat mata dan perasaan tidak nyaman, mungkin itu ungkapan yang tepat untuk menggambarkannya. Adegan pamungkasnya pun layak diacungi jempol. Salah satu sajian pertarungan manusia melawan iblis paling seru yang pernah ada.

Siapa sebenarnya Valak? Apa kaitannya dengan kematian Suster Victoria? Mampukan Pendeta Burke, Suster Iren dan Frenchie menghadapinya? Saksikan The Nun yang tayang mulai 5 September 2018 hanya di Cinema XXI kesayangan Anda. Selamat menonton.

Penulis: Budi Darmawan
Editor: Budi Darmawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help