Berita Palembang

Soal Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Dipercepat. Alex : Saya Belum Terima SK-nya

Menurut Alex, selama dirinya menjabat sebagai gubernur, pelantikan bupati-walikota merupakan hal biasa yang sering ia lakukan.

Soal Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Dipercepat. Alex : Saya Belum Terima SK-nya
Dok. SRIPOKU.COM/RANGGA ERFIZAL
Alex Noerdin saat ditanya mengenai keinginannya yang belum terwujud, Minggu (19/8/2018). 

Laporan wartawan Sripoku.com, Rahmaliyah

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan digadang-gadang akan melantik bupati dan walikota terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Griya Agung pada 18 September mendatang. 

Hal ini pun tak terlepas dari telegram Dirjen Otda Kemendagri RI, DR Sumarsono MDM tanggal 3 September 2018 No: T.131/7011/OTDA berdasarkan ketentuan pasal 164, pasal 164A dan pasal 200A UU No 10 Tahun 2016 telah memuat pengaturan pelaksanaan pelantikan kepala daerah/wakil kepala daerah secara serentak dan serentak bertahap. 

Baca: Erick Thohir Jabat Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Maruf, Jusuf Kalla Ketua Dewan Pengarah

Saat dikonfirmasi, Alex mengungkapkan jika dirinya hingga kini belum menerima Surat Keputusan (SK) yang telah ditanda tangani oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kita sendiri belum tahu, yang terpenting SK-nya dulu setelah selesai baru lapor ke sini. Lah, sampai sekarang saja belum terima jadi belum bisa jawab," ujarnya, saat dibincangi di Griya Agung, Jumat (7/9/2018).

Baca: Pola Pembelajaran Zaman Milenial, Kemenang Minta Guru Madrasah Tingkatkan Kualitas

Menurut Alex, selama dirinya menjabat sebagai gubernur, pelantikan bupati-walikota merupakan hal biasa yang sering ia lakukan.

"Saya sudah puluhan kali melantik, jadi acara seperti ini sudah biasa," ujarnya sembari berlalu menuju ke kediaman rumah dinasnya. 

Baca: Pola Pembelajaran Zaman Milenial, Kemenang Minta Guru Madrasah Tingkatkan Kualitas

Sementara itu, Kabag Protokol Drs Iwan Gunawan Syaputra, M.Si yang coba dikonfirmasi tampak memberi sinyal jika adanya kabar bakal adanya pelantikan ini memang akan segera dilakukan. 

"Masalahnya memang soal SK. Kalau dari informasi memang ada beberapa SK bupati-walikota sudah ada di meja menteri untuk ditanda tangani. Kalau mau jelas ke Biro Otda Pemprov Sumsel Pak Darul," jelasnya.

Baca: Dovizioso Pimpin FP1 MotoGP San Marino, Ungguli Waktu Cal Crutchlow dan Maverick Vinales  

Terkait informasi akan adanya kegiatan pelantikan bupati-walikota terpilih dalam waktu dekat di Griya Agung, Iwan menegaskan memang hingga saat ini dirinya sebagai Kabag Protokol memang belum menerima informasi resmi tentang Hal tersebut. 

"Kalau sudah ada SK-nya, memang urutannya dilaporkan ke Pak Gubernur dan kemudian kita siapkan. Soal apakah di Griya Agung atau bukan kita lihat situasi, sebab biasanya pelantikan seperti ini hadir juga massa pendukung pasangan bupati-walikota sehingga memang harus di tempat yang bisa menampung banyak orang,"ungkapnya. 

Baca: Bocah 5 Tahun Ini Miliki Rambut Indah Bak Orang Dewasa, Berbagai Posenya Ini Menarik Perhatian

Iwan mengungkapkan, jika memang ada keinginan dari Pak Gubernur untuk bisa melantik di akhir masa jabatannya.

"Ini hanya tergantung kapan penetapan DCT, kalau tanggal 20 atau 23 artinya pelantikan harus sebelum itu," tutup Iwan.

Penulis: Rahmaliyah
Editor: Siti Olisa
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help